Kata Polda Metro Jaya Soal Kapolda Dituding Provokasi Aksi 411

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Selasa, 8 November 2016 17:55
Kata Polda Metro Jaya Soal Kapolda Dituding Provokasi Aksi 411
Polisi mengaku sudah mengantongi pengunggah video tersebut.

Dream - Rekaman video Kapolda Metro Jaya, Irjen Mochamad Iriawan saat penanganan demonstrasi 4 November kemarin beredar luas. Akibat video itu, Iriawan dituding berusaha memprovokasi massa.

Alasannya Iriawan terlihat menghampiri beberapa anggota organisasi massa dan dituding memerintahkan untuk menyerang kubu lainnya dalam aksi tersebut. Dalam rekaman video, Iriawan sempat bertanya mengapa FPI tidak menangkap provokator.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono, membantah tudingan tersebut. Awi membenarkan adanya pembicaraan dalam video tersebut tetapi bukan dalam konteks provokasi.

" Itu bapak Kapolda menyampaikan itu saat selesai demo, ditanya sama teman-teman, kemudian ditanya juga sama teman-teman dari FPI," ujar Awi di Jakarta, Selasa, 8 November 2016.

" Beliau menyampaikan bahwasanya 'Kenapa nggak kalian tangkap', itu terucap kata-kata beliau, itu bukan provokasi, itu sudah selesai semuanya," ucap Awi.

Awi menjelaskan, alasan Kapolda mengatakan hal itu karena ingin menagih janji Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab. Ini karena Habib Rizieq telah berjanji laskar FPI akan menangkap para provokator yang menyusup dalam aksi damai pekan lalu.

" Bahwa Imam Besar FPI Habib Rizieq menyampaikan itu, 'Saya akan bertanggung jawab bapak Kapolda bahwasanya demo ini demo damai, kalau ada yang melakukan kerusuhan-kerusuhan nanti laskar saya yang akan menangkap'," ucap Awi menirukan perkataan Habib Rizieq.

Awi menegaskan polisi telah mengetahui identitas orang yang mengunggah video tersebut." Kami sudah ketahui siapa orangnya," ungkapnya.(Sah)

Beri Komentar