Indonesia Hanya Punya 8 Ribu Penghapal Quran, Belum Ideal

Reporter : Ervina
Jumat, 28 November 2014 12:31
Indonesia Hanya Punya 8 Ribu Penghapal Quran, Belum Ideal
Angka tersebut jauh tertinggal jika dibandingkan dengan negara lain, bahkan dengan negeri yang mayoritas penduduknya bukan pemeluk agama Islam.

Dream - Jumlah hafiz atau penghapal Alquran di Indonesia dinilai sangat tidak ideal. Menurut data Kementerian Agama tahun 2011, hanya ada tujuh hingga delapan ribu hafiz di Indonesia. Tak ada satu persen dari 250 juta penduduk Indonesia yang mayoritas Muslim.

Angka tersebut jauh tertinggal jika dibandingkan dengan negara lain, bahkan dengan negeri yang mayoritas penduduknya bukan pemeluk agama Islam. “ Sebenarnya umat Islam di tanah air sangat berpotensi menjadi hafiz dan hafizah,” kata Ustaz Effendy Anwar, dalam acara UI Islamic Book Fair di Depok, Kamis 27 November 2014.

“ Tapi ada hambatan yang membuat jumlah tersebut sangat jauh dari ideal,” tambah pria yang menjabat sebagai Ketua Perwakilan Badan Tahfidz Al-Qur'an International tersebut. Salah satu hambatannya, umat Muslim Indonesia belum bisa memaksimalkan potensi untuk motivasi mencetak penghapal Alquran.

Meski demikian, tambah Effendy, dalam beberapa waktu terakhir minat dan animo sejumlah kalangan terhadap Alquran kian besar. Indikasinya, banyak lembaga yang merasa sudah tak lagi mampu menampung orang yang ingin menghapal Alquran.

Hingga saat ini kian umat Islam dari lintas generasi banyak yang tertarik menghapal dan memahami makna Alquran. Oleh karena itu diperlukan konsistensi sehingga muncul lebih banyak lagi penghapal Alquran.

“ Untuk menambah jumlah hafiz sebenarnya bisa dimulai dari konsistensi, meski di awal memang hal itu terasa beban. Lama kelamaan bisa terasa nikmat yang membahagiakan karena diawali dari menghafal sedikit lalu menikmati hingga membuat ketagihan,” tutur Effendy.

Beri Komentar