Wanita Indonesia Ini Jadi Solo Traveler Sejak SMP

Reporter : Puri Yuanita
Senin, 26 Oktober 2015 14:14
Wanita Indonesia Ini Jadi Solo Traveler Sejak SMP
"Basicnya keluarga saya sering mengajak jalan. Tapi, saya memulai backpackeran sendiri itu sejak tahun 1983. Waktu itu saya SMP," katanya.

Dream - Bagi sebagian traveller, nama Elok Dyah Messwati telah dikenal luas. Kenekadannya berpetualangan ke berbagai wilayah seorang diri patut diacungi jempol. Tapi, tak banyak yang tahu jika pengalaman backpacker itu dimulainya sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP).

" Basicnya keluarga saya sering mengajak jalan. Tapi, saya memulai backpackeran sendiri itu sejak tahun 1983. Waktu itu saya SMP," katanya saat menjadi pembicara di acara peluncuran komunitas traveler Indonesia Diversity, Minggu, 25 Oktober 2015.

Kala itu bermodal uang hasil meraih nilai baik, dirinya berkeliling berbagai kota di Pulau Jawa. " Biasanya setelah libur tiba, saya ke Pangandaran, kemudian muter Semarangan, lanjut ke Yogyakarta, terus balik lagi ke Surabaya," katanya.

Beranjak remaja, jangkauan petualangan Elok semakin luas. Tak hanya Pulau Jawa, dirinya pun memberanikan diri menjelajahi Pulau Kalimantan.

" Saya waktu itu selepas SMA. Saya pergi ke Kalimantan. Hasil dari sana kemudian saya buat jadi empat artikel," jelasnya.

Honor menulis artikel di koran lokal Surabaya itu kemudian dia gunakan untuk traveling lagi. Namun, kendala kemudian muncul, dia tak bisa hanya mengandalkan pola seperti itu.

" Kemudian setelah itu saya mulai bercita-cita menjadi jurnalis. Biar bisa jalan-jalan keliling," pungkasnya.

(Laporan: Maulana Kautsar)

Beri Komentar