Besok Batas Terakhir! Telat Registrasi SIM Card Ini Akibatnya

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 27 Februari 2018 11:30
Besok Batas Terakhir! Telat Registrasi SIM Card Ini Akibatnya
"28 Februari besok dimulainya hitung mundur pemblokiran secara bertahap,"

Dream - Batas waktu pendaftaran ulang nomor kartu prabayar telepon seluler akan berakhir besok (28 Februari 2018). Terhitung besok, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan memulai perhitungan mundur secara bertahap.

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemkominfo, Ahmad M Ramli dalam keterangan tertulisnya mengimbau masyarakat untuk segera melakukan registrasi ulang kartu prabayar.

Ramli menjelaskan, pada 28 Februari proses hitung mundur pemblokiran nomor SIM Ponsel akan dilaksanakan secara bertahap. Mulai besok, pemilik kartu yang tak juga meregistrasi ulang kartunya dalam rentang 30 hari, akan diblokir layanan SMS dan panggilan keluar.

Andaikan dalam waktu 15 hari setelah diblokir pemilik kartu tak kunjung registrasi, tahap selanjutnya adalah pemblokiran SMS dan panggilan masuk.

" Jika 15 hari setelahnya tidak registrasi, maka paket data internet dan seluruh layanan akan diblokir,” jelas Ramli dikutip dari laman Kemkominfo.go.id.

Merujuk pada Peraturan Kementerian Kominfo Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, Pasal 15 ayat 1 disebutkan penyelenggaraan jasa telekomunikasi wajib menyelesaikan registrasi ulang pelanggan prabayar yang datanya belum divalidasi paling lambat tanggal 28 Februari 2018. 

Ramli menegaskan registrasi ulang kartu prabayar diperlukan untuk mendukung keamanan dan kenyamanan pelanggan layanan seluler. “ Jika negara ini sudah semakin maju, saat kita punya over-the-top (OTT) sekelas Whatsapp, mungkin KTP secara fisik, SIM secara fisik, sudah tidak akan terpakai lagi. Jadi kalau butuh data cukup tunjukkan itu. Kalau pertanyaannya apakah itu aman, Saya jamin pasti aman,” ujarnya.

(Sah)

 

Beri Komentar