Cek Sisa Pelunasan Ongkos Haji via Layanan Baru Kemenag Ini

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 27 Juli 2015 18:31
Cek Sisa Pelunasan Ongkos Haji via Layanan Baru Kemenag Ini
Layanan terbaru ini menambah dari sistem pengecek estimasi waktu keberangkatan haji.

Dream - Calon jamaah haji kini bisa berancang-ancang menyiapkan biaya untuk melunasi ongkos naik haji. Hal ini bisa terwujud setelah Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama, meluncurkan layanan baru pada menu estimasi keberangkatan haji.

Layanan baru ini bisa membantu calon jemaah haji memperkirakan estimasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Namun, perhitungan biaya ini hanya sebatas asumsi atau gambaran saja.

Kepastian baru bisa diperoleh jemaah haji setelah pemerintah dan DPR menyepakati besaran BPIH yang ditetapkan setiap tahun sekali. 

“ Layanan ini merupakan asumsi atau gambaran saja,” kata Kabag Sistem Informasi Haji Terpadu Ditjen PHU, Moh Hasan Afandi di Kementerian Agama, Jakarta, pekan lalu.

Dalam sistem barunya, Ditjen PHU menyiapkan formulir di halaman website haji untuk mengecek besaran biaya pelunasan. Dengan memasukkan nomor porsi yang dimilikinya, jemaah bisa melihat kotak setoran awal BPIH.

" Kotak setoran awal BPIH pada tahun berjalan embarkasi jemaah tersebut dalam dollar dan kotak kurs asumsi dolar terhadap rupiah. Setelah diisi akan diperoleh selisih pelunasannya dalam rupiah," katanya. 

Februari lalu, Bappenas melalui program Open Goverment Indonesia (OGI) memberikan kriteria biru atau 100 persen terpenuhi atas layanan informasi dan edukasi Ditjen PHU melalui kanal www.haji.kemenag.go.id.

Untuk tahun depan, Ditjen PHU berharap dapat meningkatkan penyajian informasi haji berbasis peserta individual yang diluncurkan pada bulan Juli ini.

" Alhamdulillah Ditjen PHU telah mengimplemnetasikannya untuk dapat melayani jemaah haji,” kata Hasan sebagaimana di lansir laman kemenag.go.id.

Untuk mencoba sistem baru ini, berikut beberapa langkah yang bisa diikuti para calon jemaah haji:

Pertama, masuk laman www.haji.kemenag.go.id.
Kedua, isi nomor porsi yang berjumlah 10 digit pada kotak yang tersedia di sebelah kanan dan klik cari.
Ketiga, akan muncul estimasi keberangkatan dan kotak yang akan diisi untuk estimasi BPIH.

Beri Komentar