Ini 3 Pasar Berpengaruh Besar di Indonesia

Reporter : Ramdania
Rabu, 30 September 2015 06:01
Ini 3 Pasar Berpengaruh Besar di Indonesia
Mereka mampu ciptakan tren dan penentu citra sebuah merek.

Dream - MarkPlus Insight menyebutkan berdasarkan penelitian yang dilakukan sejak tahun 2010, pihaknya mencatat ada 3 pasar besar di era New Wave Marketing atau era pemasaran melalui internet.

Chief Operations MarkPlus Insight, Levina Yulianti, menyebutkan pasar tersebut adalah konsumen dari kelompok Youth atau anak muda, Women (perempuan), dan Netizen (pengguna internet paling sedikit 3 jam per hari).

Youth, Woman, and Netizen adah sub-culture yang baru di dunia pemasaran. Karena mereka sub-culture yang baru mereka bisa mempengaruhi orang, menimbulkan influence bagi orang-orang lainnya," ujarnya dalam keterangan pers, seperti dikutip Kamis 1 Oktober  2015.

" Youth, Woman, Netizen sebagai pencipta trend, gaya, dan hal-hal yang dianggap cool oleh lingkungannya. Kurang lebih Youth, Woman, Netizen inilah yang menentukan suatu brand bisa dipercaya oleh masyarakat," tambahnya.

Menurut MarkPlus, Inc. YWN yang mewakili Youth, Women, dan Netizen, mereka tidak hanya sebuah kelompok tradisional yang dibagi berdasarkan usia, jenis kelamin, atau pemakaian produk dan layanan tertentu. YWN menunjukkan subkultur baru di era konektivitas.

Sebelum era konektivitas Youth dan Women dianggap sebagai kelompok yang tidak memiliki kekuatan atau kekuatannya selalu ada di bawah golongan tua dan pria. Youth dan Women dianggap memiliki daya beli yang terbatas sehingga tidak memiliki pengaruh.

Perkembangan internet, khususnya web 2.0 dan penetrasi media sosial telah mengubah keadaan. Youth dan Women bisa dengan mudah menghubungi teman lama dan kenalan yang berasal dari kota atau sekolah yang sama, mereka juga membangun sebuah jaringan online besar yang terdiri dari kenalan di berbagai belahan dunia dan memiliki interaksi yang tidak terbatas.

" Dengan berbagi informasi, pemikiran, memberikan masukan terhadap sebuah produk atau layanan, bercakap-cakap dengan dunia luar, melakukan transaksi online, Youth dan Women menunjukkan kekuatan yang kuat untuk secara aktif memengaruhi orang lain," papar Levina.

Beri Komentar