OJK Yakin Perbankan Tumbuh Double Digit di 2017

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 30 Desember 2016 14:45
OJK Yakin Perbankan Tumbuh Double Digit di 2017
Optimisme itu tertangkap dari Rencana Bisnis Bank (RBB) tahun 2017.

Dream - Kalangan perbankan percaya diri menghadapi tahun 2017. Industri pengelola dana masyarakat in yakin bisa tumbuh double digit di tahun depan. 

" Perbankan optimistis pertumbuhan ekonomi 2017 akan lebih dari 2016 karena dukungan keberhasilan program tax amnesty untuk pembiayaan infrastruktur, pemulihan harga komoditas, dan perbaikan ekonomi global," kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D. Hadad, di Jakarta, Jumat 30 Desember 2016.

Muliaman tak hanya mengklaim target tersebut. Dia mengatakan menangkap adanya optimisme kalangan perbankan dari rencana bisnis bank (RBB) tahun 2017.

Diproyeksikan total aset perbankan bakal tumbuh 11,28 persen menjadi Rp7.352 triliun pada 2017. Sementara kredit meningkat 13,25 persen menjadi Rp4.995 triliun dan dana pihak ketiga (DPK) naik 11,94 persen menjadi Rp5.304 triliun.

Menurut Muliaman optimisme ini didukung dana repatriasi wajib pajak peserta amnest pajak yang sudah mulai masuk ke pasar modal. Hal itu ditunjang dengan relaksasi produk investasi untuk mendukung kebijakan tax amnesty.

Ada juga aturan segmentasi perizinan wakil perantara pedagang efek yang akan mulai dimanfaatkan untuk berkarier di pasar moda. " Ini bertujuan untuk menjadi ujung tombak pengembangan investor retail domestik di tanah air," kata dia.

Faktor pendukung lainnya adalah adanya aturan agen perantara pedagang efek dan regulasi terkait dengan gerai penjualan efek reksa dana akan mulai dimanfaatkan oleh lembaga jasa keuangan dan mini market di daerah untuk memasarkan efek reksa dana di berbagai pelosok daerah.

(Sah)

 

Beri Komentar