6 Hal Harus Dihindari Demi Miss V Selalu Sehat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 21 Februari 2019 08:15
6 Hal Harus Dihindari Demi Miss V Selalu Sehat
Sama seperti organ tubuh lainnya, miss V juga membutuhkan perhatian khusus.

Dream - Banyak kaum hawa kebingungan menjaga kebersihan dan kesehatan organ intimnya. Saking bingungnya, ada wanita sampai menyepelekan kesehatannya dan baru peduli manakala masalah sudah muncul. 

Sama seperti organ tubuh lainnya, miss V juga membutuhkan perhatian khusus agar kondisinya selalu sehat. Jangan sampai hanya karena malas muncul penyakit di organ intim.

" Kesehatan bagian intim tersebut harus menjadi prioritas utama, seperti kita merawat kulit, rambut dan kuku," kata Stephanie Taylor, direktur pelaksana produsen alat kesehatan wanita Kegel8, seperti dikutip dari Mirror.

Untuk membantu kaum hawa menjaga kesehatan area intimnya, Stephanie memperingatkan untuk menghindari 6 hal. Apa saja?

1. Mencukur habis bulu kemaluan

" Sebagian wanita merasa lebih bersih jika sudah mencukur habis bulu yang tumbuh di Miss V. Biasanya, wanita akan merasa lebih nyaman. Padahal bulu Miss V itu memiliki fungsi tersendiri," kata Stephanie.

Menurut Stephanie, bulu tersebut berfungsi untuk melindungi miss V dari bakteri dan infeksi yang bisa menyebabkan folikulitis (peradangan yang terjadi pada folikel rambut atau tempat rambut tumbuh). Selain itu, bulu Miss V juga berguna menyerap keringat dan bertindak sebagai penyangga saat terjadi gesekan dengan celana.

1 dari 5 halaman

2. Hindari penggunaan sabun untuk miss v

Masih banyak yang tidak tahu bahwa Miss V punya mekanisme 'membersihkan' sendiri. Mekanisme pertahanan diri itu ada karena Miss V mengandung bakteri baik bernama Lactobacilli.

 Tips Sederhana Jaga Kebersihan Organ Intim Selama Menstruasi

Selain melindungi, bakteri ini juga menjaga keseimbangan kadar pH di dalam Miss V.

" Jadi, penggunaan sabun atau parfum pada Miss V malah mengganggu kerja dari Lactobacilli ini. Sehingga Miss V bisa mengalami peradangan atau terinfeksi bakteri vagina yang merugikan," kata Stephanie.

2 dari 5 halaman

3. Sering pakai celana ketat

Tips berikutnya dari Stephanie adalah hindari memakai pakaian dalam yang terlalu ketat. Pakaian dalam seksi dan sangat ketat bisa menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK).

 Tips Memilih Busana Olahraga untuk Hijabers

" Contohnya, celana dalam yang talinya sangat ketat dan menekan kulit. Jika memakainya dan terlalu sering bergerak bisa menyebabkan ISK. Selalu pilih pakaian dalam berbahan kapas, agar kulit bisa bernapas sehingga area Miss V tidak lembap," kata Stephanie.

3 dari 5 halaman

4. Malas minum

Kita semua tahu manfaat minum banyak air putih untuk kesehatan. Tapi tahukah Sahabat Dream itu juga penting untuk menjaga vagina tetap sehat?

 minum air putih

Selain menjaga kulit tetap halus dan bercahaya, banyak minum air putih juga bisa menghindarkan area Miss V dari menjadi kering. Vagina yang kering bisa menyebabkan berbagai masalah, seperti infeksi, gatal-gatal atau rasa terbakar.

" Tergantung pada seberapa aktif, Anda harus berusaha minum antara dua dan tiga liter air sehari. Jika bosan, air putih bisa dicampur buah masam, mentimun atau daun mint," kata Stephanie.

4 dari 5 halaman

5. Malas buang air kecil setelah berhubungan

Stephanie menyarankan kaum hawa agar buang air setiap kali habis berhubungan intim. " Itu karena membersihkan kandung kemih, secara instan menghilangkan bakteri di vagina dan saluran kemih dan mengurangi risiko terkena ISK," jelasnya.

5 dari 5 halaman

6. Tak segera ganti pakaian setelah berolahraga

Pakaian dan pakaian dalam yang penuh keringan menciptakan tempat berkembang biak yang sempurna untuk bakteri jahat. Terutama jika pakaian tersebut ketat dan terbuat dari lateks atau poliester.

 Tips Memilih Busana Olahraga untuk Hijabers

" Anda perlu mandi sebentar dan pakai baju baru sebelum melanjutkan aktivitas selanjutnya," kata Stephanie.

Yuk jaga kesehatan organ intim.

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham