Asupan Makanan dan Olahraga Rutin Kunci Mencegah Osteoporosis

Reporter : Ervina
Selasa, 11 November 2014 15:31
Asupan Makanan dan Olahraga Rutin Kunci Mencegah Osteoporosis
Anggapan mengenai osteoporosis atau pengeroposan tulang hanya menyerang orang berusia lanjut nampaknya sudah mulai bergeser. Gaya hidup melalui asupan makanan dan olahraga dapat mencegah osteoporosis.

Dream - Anggapan yang menyebut osteoporosis atau penyakit pengeroposan tulang hanya menghampiri mereka yang berusia lanjut nampaknya sudah mulai mengalami pergeseran. Sejumlah kasus ditemui osteoporosis kini juga menyerang mereka yang berusia produktif.

Tendensi penyakit menyerang di usia muda sangat berkaitan erat dengan gaya hidup dan asupan makanan setiap harinya. Konsumsi alkohol, kafein dan kebiasaan menghisap asap rokok meningkatkan resiko terserang osteoporosis di usia muda.

Untuk mengatasi hal tersebut, dr Grace Tumbelaka, SpKO menyebut asupan kalsium dapat mengantisipasi seseorang terserang osteoporosis. Asupan kalsium sebanyak 1.000 mg per hari untuk perempuan dewasa atau lebih bagi ibu hamil sangat berperan penting untuk meningkatkan kepadatan tulang.

" Selain asupan kalsium, tubuh juga harus dirangsang melalui aktivitas olahraga sehingga bisa menekan otot dan memperkuat tulang. Ada beberapa olahraga yang bisa menguatkan tulang mulai dari berjalan, berlari dan melompat. Intinya ubah gaya hidup melalui makanan dan olahraga rutin," ucap dr Grace saat ditemui Dream beberapa saat lalu di Jakarta.

Langkah tersebut disebut dr Grace mampu menhambat berkurangnya kepadatan tulang manusia. Mengingat setiap tahunnya kepadatan tulang manusia berkurang 1% atau sekitar 3-5% untuk perempuan yang telah memasuki usia menopouse.

" Kalau asupannya kalsium bagus dan aktivitas juga oke, tidak perlu khawati dengan fraktur yang merupakan efek dari osteoporosis. Karena osteoporosis atau keropos tulang bukan sesuatu yang menakutkan, yang lebih bahaya justru saat jatuh lalu membuat tulang patah sehingga mengganggu kehidupan seseorang," ungkap dr Grace.

Beri Komentar
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam