Ibu Hamil Disarankan Makan Terong, Ini Alasannya

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 7 Desember 2016 12:14
Ibu Hamil Disarankan Makan Terong, Ini Alasannya
Bisa diolah jadi menu makan siang atau makan malam yang nikmat.

Dream - Pada masa kehamilan, mengonsumsi makanan kaya folat sangat dianjurkan. Zat ini sangat penting untuk meningkatkan perkembangan otak bayi. Biasanya sumber folat didapatkan pada ikan dan makan laut lainnya.

Sebenarnya, ibu hamil juga bisa mendapatkan asupan folat dari terong. Sayuran satu ini mengandung folat tinggi yang sangat baik bagi perkembangan janin. Terong juga disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil secara teratur. Berikut alasannya.

1. Mengandung asam folat dan kaya vitamin
Terong banyak mengandung asam folat yang berperan untuk mencegah cacat lahir pada bayi yang belum lahir. Selain mengandung asam folat, terong juga kaya vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin A, dan vitamin E yang penting untuk mengoptimalkan perkembangan janin. Kandungan mineral seperti kalium, tembaga, mangan, dan zat besi besi pada terong juga tinggi dan bisa membantu meningkatkan suplai darah untuk janin.

2. Meminimalisir diabetes gestational
Ibu hamil rentan terhadap diabetes gestational. Untuk itu, dengan mengonsumsi terong dapat membantu meminimalisir dan mencegah lonjakan kadar gula secara substansial.

3. Mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan
Terong merupakan sumber serat yang baik sehingga dapat membantu mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan saat hamil.

4. Meningkatkan imunitas
Mengonsumsi terong dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindari risiko terkena infeksi karena terong mengandung nasunin yang mengandung antioksidan, yang juga dapat membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh.

5. Mengatasi hipertensi
Terong adalah obat alami untuk mengatasi hipertensi. Bioflavonoid yang terkandung dalam terong dapat meminimalkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan mencegah risiko komplikasi selama kehamilan.

Sumber: momjunction.com

Laporan Nanda Febriani

Baca Juga: Redakan Pegal Saat Hamil dengan Cara Ini Hindari Kosmetik dengan Vitamin A Saat Hamil, Ini Alasannya Waspada Anemia Mengintai Setelah Melahirkan Kenali, Ini Penyebab Varises Berdamai dengan Nyeri Punggung Saat Hamil

Beri Komentar