CONNECT WITH US!

Ini Waktu yang Tepat Semprot Obat Nyamuk di Rumah

Reporter : Gladys Velonia | Jumat, 10 November 2017 06:13
Minimal dua kali semprot nyamuk dalam sehari.

Dream - Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi hal yang patut diwaspadai saat musim penghujan. Hal ini lantaran nyamuk gemar berkembang biak dengan pesat di musim seperti itu.

Nyamuk Aedes Aegypti sendiri menjadi perantara penyebaran penyakit itu, berkembang dengan pesat. Untuk itu, alat semprot nyamuk menjadi penting digunakan.

Namun, tidak sembarangan dalam menggunakannya. Menurut seorang dokter sekaligus artis Lula Kamal, ada jam-jam tertentu yang tepat menggunakan alat semprot nyamuk.

" Gunakan alat semprot nyamuk pas berhubungan dengan masa hidup aktifnya si nyamuk," tutur Lula di Senayan, Jakarta Selatan, Kamis 9 November 2017.

Menurut wanita 47 tahun itu, masa aktif nyamuk Aedes Aegypti adalah di siang hari. Untuk itulah penggunaan alat semprot dikhususkan untuk menjauhian aktivitas tinggi si nyamuk.

" Minimal dua kali semprot dalam sehari. Di pagi hari jam 7 semprot, terus jam 3 sore semprot lagi. Paling utama disemprot ke tempat yang banyak barang-barang, karena rentan jadi sarang si nyamuk," tegas Lula.

Pemilihan waktu tersebut, dikatakan oleh Lula, agar aman karena orang rumah tidak menghirup obat semprot nyamuk itu, sehingga khusus untuk mematikan nyamuk.

" Ini bukan pewangi ruangan. Jadi tidak mungkin semprot sembarangan. Harus tidak ada orang-orang, semua makanan juga dipindahkan dulu," jelasnya. (ism) 

Antara Kahiyang, Fahri Hamzah, dan Setya Novanto