Kanker Sebabkan Penuaan Dini

Reporter : Dwi Ratih
Sabtu, 2 Februari 2019 08:00
Kanker Sebabkan Penuaan Dini
Hati-hati dengan gaya hidup yang berujung pada sakit serius seperti ini.

Dream - Apakah Sahabat Dream akan terkejut ketika mengetahui bahwa leukemia menyebabkan penuaan dini pada sel-sel sumsum tulang yang sehat?

Sebuah studi dari University of East Anglia, baru-baru ini menemukan data bahwa leukemia jadi salah satu faktor penuaan dini yang terdapat di sel sumsum tulang yang sehat.

Temuan ini juga diterbitkan dalam jurnal Blood yang menunjukkan bahwa sel-sel sumsum tulang yang sudah tua mempercepat pertumbuhan dan perkembangan leukemia.

Dikutip dari situs The Healthsite, para peneliti menemukan mekanisme di mana proses penuaan dini terjadi di sumsum tulang pasien leukemia.

 shutterstock

Berbicara hal itu, Dr Rushworth, dari Sekolah Kedokteran Norwich UEA mengatakan, “ Hasil kami memberikan bukti bahwa kanker menyebabkan penuaan. Kami dengan jelas menunjukkan bahwa sel kanker itu sendiri yang mendorong proses penuaan pada sel-sel non-kanker yang berdekatan."

Tim peneliti menetapkan bahwa enzim NOX2 menghasilkan superoksida yang mendorong proses penuaan. Dengan menghambat NOX2, para peneliti menemukan adanya pengurangan sel tidak ganas dan menghasilkan pertumbuhan kanker lebih lambat.

Laporan: Tri Yuniwati Lestari

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen