Sederet Manfaat Minyak Zaitun, Mulai untuk Wajah, Jerawat Hingga Kolesterol

Reporter : Sugiono
Kamis, 11 Oktober 2018 07:13
Sederet Manfaat Minyak Zaitun, Mulai untuk Wajah, Jerawat Hingga Kolesterol
Manfaat minyak zaitun sangat banyak. Mulai manfaat minyak zaitun untuk wajah, rambut, jerawat, kanker hingga kolesterol.

Dream - Manfaat minyak zaitun sudah dikenal sejak ratusan atau bahkan ribuan tahun yang lalu. Minyak zaitun dibuat dari buah yang tumbuh di pohon zaitun yang sudah tua.

Pohon zaitun mulai berbuah saat berumur lima tahun dan usianya dapat mencapai ribuan tahun. Pohon zaitun berumur ribuan tahun pernah ditemukan di Palestina yang bertahan hidup hingga 2.000 tahun.

Manfaat minyak zaitun diperoleh dengan memeras buah zaitun yang sudah tua dan mengekstraknya menjadi minyak ajaib. Minyak zaitun mengandung bahan anti oksidan alami seperti phytosterols, polyphenols dan vitamin E.

Minyak zaitun juga mengandung senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh. Di antaranya adalah vitamin K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh), dan zat besi.

Berkat berbagai kandungan tersebut, manfaat minyak zaitun sangat banyak sekali. Beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan di antaranya adalah untuk diabetes, ibu hamil, bayi dan sebagainya.

Sedangkan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan di antaranya adalah untuk jerawat, wajah, bibir, bulu mata, dan banyak lainnya.

Untuk mengambil manfaat minyak zaitun bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari diminum hingga mengoleskan minyak zaitun.

Manfaat minyak zaitun akan semakin besar jika digabungkan dengan bahan alami lainnya, seperti madu, pisang, alpukat, dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah deretan manfaat minyak zaitun, mulai untuk wajah, rambut, jerawat hingga diabetes yang dirangkum Dream dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

1. Menghilangkan warna hitam di bibir

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin K yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami. Cukup olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari.

2. Memerahkan bibir

Selain menghilangkan bibir hitam minyak zaitun juga dapat Anda gunakan agar warna merah alami bibir Anda perlahan-lahan nampak.

3. Merawat kesehatan rambut

Rambut yang sering terkena touch up seperti diwarnai, diluruskan, dikeriting, atau apapun yang bersinggungan dengan obat kimia tentu akan mengalami penurunan fungsi seperti patah-patah, mudah rontok, kering, dan bahkan rusak.

Dengan rutin mengoleskan minyak zaitun pada rambut, maka kandungan vitamin E nya akan memelihara kesehatan rambut. Selain itu, rambut Anda juga semakin tebal dan bersinar secara alami. Jadi bagi Anda yang mengalami kebotakan pun bisa menggunakan minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan rambut.

4. Menebalkan alis

Selain rambut, manfaat minyak zaitun untuk rambut lainnya adalah untuk alis. Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin E. Vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut.

Dengan kombinasi ini, maka Anda akan mempunyai alis yang lebat dan tentu saja natural. Yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar alami, belum tercampur dengan bahan-bahan kimia.

Caranya:

  1. Oleskan minyak zaitun pada alis sebelum tidur

  2. Biarkan semalaman

  3. Lalu keesokan harinya bersihkan sembari mencuci muka

5. Memanjangkan dan menebalkan bulu mata

Selain mengaplikasikannya pada alis, sekalian saja Anda aplikasikan pada bulu mata agar bagi Anda, wanita yang mengidam-idamkan bulu mata panjang dan tebal alami, bisa mempunyainya tanpa harus mengaplikasikan maskara atau bulu mata palsu yang malahan nantinya akan menyebabkan kerontokan pada bulu mata Anda.

6. Mengencangkan kulit wajah

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Karena itulah minyak zaitun merupakan cara mengencangkan kulit wajah yang efektif.

Caranya:

  1. Siapkan 1 sdm minyak zaitun

  2. Campur dengan 1 sdt madu

  3. Gunakan sebagai masker wajah

7. Mengecilkan pori-pori wajah

Selain mengencangkan wajah, zat linoleic juga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengecilkan pori-pori wajah yang nampak jelas sehingga mengganggu performa penampilan.

8. Menghaluskan wajah

Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah yang lainnya adalah untuk menghaluskan wajah. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan minyak zaitun dicampur dengan buah pepaya dan dijadikan masker. Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit.

Vitamin A, C, dan E sebagai anti oksidan akan turut membantu menutrisi, melembapkan kulit Anda, dan menghaluskan wajah Anda. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda. Gabungan dari pepaya dan minyak zaitun akan semakin mempercepat agar wajah halus seketika.

Caranya adalah:

  1. Haluskan buah pepaya

  2. Campurkan dengan 2 sdm minyak zaitun]Oleskan pada wajah secara merata

  3. Diamkan selama 30 menit

  4. Bilas dengan menggunakan air hangat

2 dari 4 halaman

9. Manfaat minyak zaitun untuk memutihkan wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang terakhir adalah untuk memutihkan wajah. Sama halnya dengan manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah lainnya, kandungan polifenol dalam minyak zaitun akan membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

Anda tidak perlu lagi harus memakai produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal atau bahkan harus suntik wajah agar wajah putih, cukup dengan menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti, Anda akan mendapatkan wajah cerah yang Anda inginkan secara natural.

10. Menghapus make up

Anda kehabisan pembersih make up? Tidak perlu panik, Anda bisa menggantikan keberadaan pembersih make up dengan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan memang merupakan rahasia umum, oleh karena itu banyak produk cleansing oil (minyak pembersih) yang terbuat dari minyak-minyak alami salah satunya adalah minyak zaitun.

Bahkan dengan menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih make up, Anda juga mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan seperti yang sudah dijelaskan pada poin-poin di atas.

11. Mengatasi kulit kering

Selain diaplikasikan pada wajah, Anda juga bisa mengaplikasikan minyak zaitun pada seluruh badan Anda karena manfaat minyak zaitun yang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Minyak zaitun dapat menggantikan fungsi body lotion.

Dengan menggunakan minyak zaitun pada seluruh tubuh, maka Anda akan memiliki kulit yang tidak kering serta tidak perlu takut terhadap serangan radikal bebas karena manfaat anti oksidan yang berguna melu radikal bebas dan bahkan mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

12. Menyembuhkan jerawat

Wajah Anda berjerawat? Anda bisa juga memanfaatkan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk wajah berjerawat adalah:

  • Merupakan obat herbal alami untuk mengatasi gangguan jerawat karena mengandung vitamin yang mampu mempercepat proses penyembuhan.
  • Anti oksidannya yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi.
  • Kandungan anti bakterinya mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri.
  • Sifat anti inflmasinya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya.
  • Sifat non-comedogenicnya juga baik karena tidak menyumbat pori-pori kulit.

Cara mengaplikasikan manfaat minyak zaitun untuk jerawat:

  1. Ambil 1 sdm minyak zaitun

  2. Oleskan pada wajah Anda yang terkena jerawat

  3. Pijat wajah dengan lembut dan perlahanPijat dengan tekanan yang cukup

  4. Lakukan selama 4 - 5 menit

  5. Biarkan selama 15 - 20 menit

  6. Bersihkan wajah menggunakan kain lap bersih dan hangat

  7. Ulangi pijitan tersebut selama beberapa kali

  8. Lakukan sebanyak 2 kali sebelum tidur setiap hari

3 dari 4 halaman

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

1. Mencegah dan mengurangi risiko kanker

Sifat anti oksidan dan anti inflamasi yang kuat pada minyak zaitun dan juga melalui kerja dari phenolic dan vitamin E dapat mencegah dan mengurangi risiko kanker terutama kanker payudara dan kanker kulit.

Pada kanker kulit, dengan menggunakan minyak zaitun sebagai tabir surya secara rutin merupakan cara terbaik mencegah sengatan sinar matahari dan melindungi kulit dari efek bahaya sinar matahari seperti UVA dan UVB. Dengan begitu malignant melanoma, tipe kanker kulit yang paling berbahaya dapat dicegah.

Sedangkan pada kanker payudara, kanker payudara ini sering terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi lemak jahat. Lemak yang ada pada minyak zaitun dapat memainkan peran untuk melawan perkembangan tumor ini yang menjadi cikal bakal kanker payudara.

Minyak zaitun yang kaya akan asam oleat, lemak tak jenuh, dan beberapa senyawa bioaktif seperti anti oksidan akan menjadi kunci penting memerangi tumor.

2. Melancarkan aliran darah

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan selanjutnya adalah melancarkan aliran darah. Kandungan lemak omega 9,6, dan 3 akan memperbaiki fungsi endotel pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

3. Mengontrol kolesterol

Dengan lancarnya peredaran darah serta anti oksidan yang sangat tinggi pada minyak zaitun membantu mencegah kolesterol dalam darah teroksidasi.

4. Mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan berikutnya adalah untuk mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Anti oksidan yang tinggi pada minyak zaitun membantu mencegah kolesterol dalam darah teroksidasi sehingga dapat melindungi, mencegah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Mengontrol tekanan darah

Lemak tak jenuh pada minyak zaitun dapat menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi. Agar hasil yang lebih nyata, konsumsi atau minum minyak zaitun extra virgin

4 dari 4 halaman

6. Manfaat minyak zaitun untuk tulang

Sebuah tes dilakukan pada tikus yang dalam kondisi yang mirip pada menopause perempuan. Terdapat 1 kelompok yang rajin diminumkan minyak zaitun. Sedangkan kelompok lain tidak.

Hasil menunjukkan bahwa tikus yang tidak diberi minyak zaitun menunjukkan penurunan kadar kalsium yang signifikan dan peningkatan kadar ALP, MDA, dan nitrat yang signifikan.

7. Meredakan peradangan kulit

Anti inflamasi pada minyak zaitun berguna untuk mengobati peradangan kulit seperti terbakar oleh sinar matahari, kulit sensitif, dan gatal-gatal.

8. Membantu mengobati alzheimer

Peneliti Italia dari Universitas Florence menemukan bahwa polifenol pada minyak zaitun ekstra virgin dapat mencegah atau menunda munculnya penyakit alzheimer. Studi yang dipublikasikan di PLOS One, sebuah jurnal dengan akses terbuka, meneliti manfaat minyak zaitun untuk kesehatan pada tikus yang berpenyakit alzheimer.

Tikus diberikan oleuropein aglycone, polifenol utama yang ditemukan pada minyak zaitun extra virgin selama 8 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi diet oleuropein aglycone sangat memperbaiki kinerja kognitif tikus dibandingkan dengan kelompok yang tidak menerima polifenol minyak zaitun.

9. Melindungi dari depresi

Menurut peneliti dari Universitas Navarra dan Las Palmas de Gran Canaria, makanan kaya minyak zaitun dapat memerangi penyakit jiwa.

Minyak zaitun bila dikombinasikan dengan pilihan sehat dari diet Mediterania, seperti sereal gandum, ikan berminyak, sayuran, dan tomat kering matahari, minyak zaitun akan lebih mampu mengerjakan keajaibannya yaitu memerangi depresi, menurut netdoctor.co.uk. (ism)

Beri Komentar