CONNECT WITH US!

Manfaat Obat Kumur yang Perlu Kamu Ketahui

Reporter : Dwi Ratih | Senin, 19 Juni 2017 19:15
(Foto: Ilustrasi/Shutterstock)
Kebersihan mulut tidak hanya cukup dengan menyikat gigi atau membersihkan lidah.

Dream - Gigi sering kali menjadi bagian tubuh yang dilihat pertama kali saat bertemu orang atau acara sosial. Karena itulah, kesehatan gigi mesti diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kebersihan mulut tidak hanya cukup dengan menyikat gigi atau membersihkan lidah. Kesehatan rongga mulut kian lengkap saat menggunakan cairan kumur. Obat kumur tidak hanya meningkatkan kebersihan mulut tetapi juga mengatasi infeksi di dalam mulut.

Berikut di bawah ini persepsi umum manfaat obat kumur bagi kesehatan gigi dan mulut.

1. Mengatasi bau mulut

Kandungan antiseptik yang ada di kebanyakan obat kumur atau mouthwash diklaim dapat membunuh 99,9 persen bakteri yang berada dalam mulut. Bakteri yang tidak terkontrol menjadi penyebab bau mulut. Berkumur tak hanya menghilangkan bau mulut tetapi juga melepaskan makanan yang terjebak di sela-sela gigi.

Namun membunuh sebanyak mungkin bakteri dalam mulut ternyata bukan solusi yang tepat dan memiliki banyak dampak negatif seperti mulut akan menjadi semakin bau, bakteri justru berkembang biak lebih cepat akan membuat masalah-masalah mulut bermunculan.

 Shutterstock

2. Antibakteri

Bila menderita gusi berdarah atau gigi baru saja dicabut, menyikat gigi dapat memperburuk luka. Karena itulah, dokter gigi sering kali menyarankan untuk menggunakan obat kumur agar menekan pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi.

3. Mencegah gigi berlubang

Obat kumur dapat mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi yang lebih parah. Gunakan obat kumur yang tepat (tanpa antiseptic) setelah menggosok gigi sebelum tidur. Bila salah menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptic malahan menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut di pagi hari.

4. Mengatasi mulut kering

Mulut kering dapat menyebabkan infeksi mulut sehingga mudah teriritasi. Obat kumur yang baik berfungsi melembabkan mulut untuk mencegah sariawan dan gusi berdarah.

Namun perlu dipahami, obat kumur yang dipilih sebaiknya tidak mengandung alkohol. Selain rasanya yang menyengat, alkohol dalam obat kumur akan menyebabkan mulut kering dan saliva berkurang.

Air liur yang berkurang justru menyebabkan bakteri berkembangbiak tak terkontrol. Alih-alih mendapatkan nafas segar, bakteri yang tak bisa ditekan akan menyebabkan gigi berlubang, bau mulut, sariawan, dan masalah lain di rongga mulut.

Sahabat Dream, karena itu pilihlah Enzim Mouthwash, obat kumur tanpa alkohol dan tanpa antiseptic. Obat kumur ini berfungsi mengembalikan pertahanan air ludah, menjaga ekologi flora mulut, menghambat pembentukan plak, mencegah gigi berlubang dan masalah gusi, membantu mengatasi gigi sensitif dan bau mulut serta menjaga kesegaran mulut.

 Enzim

Di dalamnya mengandung enzim amyloglucosidase, glucose oxidase, lactoperoxidase bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut sehingga permasalahan pada mulut dapat dihindari.

Potassium nitrate bermanfaat untuk menghilangkan ngilu pada gigi sensitif. Allantoin bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka seperti sariawan dan gusi berdarah. Zinc gluconate bermanfaat untuk menetralisir bau mulut.

Rasakan manfaat kebaikan obat kumur dengan Enzim Mouthwash.

Dengarkan Dia - Bersenyawa (Acoustic Interview Part 1)