Gaya Hidup Bisa Ganggu Siklus Menstruasi

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 14 Februari 2020 10:48
Gaya Hidup Bisa Ganggu Siklus Menstruasi
Perhatikan baik-baik.

Dream - Siklus menstruasi setiap wanita berbeda-beda. Beberapa wanita mengaalami menstruasi dalam jangka waktu yang lama, namun beberapa lainnya hanya singkat.

Ternyata, siklus menstruasi dapat terganggu oleh pengaruh gaya hidup. Salah satu akibat yang terjadi yaitu Endometriosis, suatu kondisi jaringan yang seharusnya melapisi dinding rahim tumbuh di luar rahim.

Normalnya, darah yang luruh akan keluar tetapi jika mengalami Endometriosis darah yang luruh tidak akan keluar. Sehingga mengakibatkan terhambatnya menstruasi.

1 dari 3 halaman

Hati-hati sama junkfood & fastfood

Agar tidak mengalami gangguan menstruasi, Anda harus menghindari junkfood dan fastfood. Dua jenis makanan itu menyebabkan obesitas yang mengganggu siklus haid. Apalagi bila badan jarang bergerak.

“ Kalau orang obesitas, dia akan menimbulkan gangguan menstruasi dan hormon. Hal ini akan mengakibatkan badan si perempuan lebih banyak terpapar estrogen, yang menjadi cikal bakal endometriosis,” ujar Dr. dr. Kanadi Sumapraja, Sp.OG-KFER, M.Sc, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrin, dan Reproduksi, di Jakarta, Kamis 13 Februari 2020.

 Dr. dr. Kanadi Sumapraja, Sp.  OG-KFER, M.Sc, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrin, dan Reproduksi© dream.co.id

2 dari 3 halaman

Soda bisa lancarkan haid?

Banyak cara yang dilakukan untuk melancarkan menstruasi. Selama ini orang berpikir bahwa dengan mengonsumsi minuman bersoda akan melancarkan menstruasi.

Namun Dr. Kanadi mengatakan, “ Banyak orang bilang jika kita minum minuman bersoda saat menstruasi akan memperlancar haid, itu adalah mitos.”

Kelancaran siklus haid dapat dilakukan dengan cara mengatur pola hidup sehat, seperti makan makanan yang sehat, olahraga yang teratur dan lebih banyak melakukan aktivitas.

3 dari 3 halaman

Tetap jaga kondisi

Namun pastikan untuk tidak melakukan diet ekstrem atau olahraga berlebihan.

 ilustrasi haid© shutterstock.com

Obesitas memang bisa mengganggu siklus haid, tapi diet dan olahraga yang ekstrim pun juga salah. Karena yang keluar nanti justru hormok kortisol, yang menganggu komunikasi otak dan indung telur.

Laporan: Cindy Azari

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna