Makin Marak, Tempat Wisata di Mesir Larang Penggunaan Hijab

Reporter : Puri Yuanita
Kamis, 30 Juli 2015 15:11
Makin Marak, Tempat Wisata di Mesir Larang Penggunaan Hijab
Negeri yang mayoritas penduduknya Muslim itu justru menerapkan aturan baru, yakni adanya 'zona bebas hijab' di sejumlah kawasan wisata populer.

Dream - Para perempuan berhijab di Mesir tampaknya tengah dihadapkan dengan situasi yang sulit saat ini. Pasalnya, di negeri yang mayoritas penduduk Muslim itu justru dihebohkan dengan aturan baru 'zona bebas hijab' di banyak kawasan wisata populer.

Dilansir dari Egypt Daily News, Kamis 30 Juli 2015, fenomena larangan mengenakan hijab kini semakin marak di restoran dan tempat wisata mewah di Mesir. 

Laporan terakhir bahkan menyebutkan gejala ini mulai muncul di beberapa kolam renang, restoran, hotel bintang 5 dan resor terkenal yang berada di Pantai Utara Mesir. Mereka  mulai membatasi masuknya perempuan berhijab untuk menikmati layanan mereka.

Aturan 'zona bebas hijab' ini pun lantas menuai banyak kecaman. Netizen di Mesir berbondong-bondong mengutuk keputusan itu lewat media sosial Facebook dan Twitter. Banyak di antara mereka yang menganggap aturan ini sebagai tindakan diskriminatif terhadap Muslimah di Mesir yang jumlahnya mayoritas, 80 hingga 90 persen dari keseluruhan perempuan.

Sebenarnya, larangan seperti ini bukanlah hal baru. Kawasan wisata paling populer di Mesir seperti Sharm El Sheikh dan Hurghada bahkan telah lebih dulu menerapkan kebijakan menolak hijab karena ingin mengutamakan kenyamanan turis-turis asing.

Beri Komentar