4 Kesalahan Saat Menurunkan Berat Badan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 15 April 2020 15:15
4 Kesalahan Saat Menurunkan Berat Badan
Hindari 4 hal ini agar penurunan berat badan lebih efektif.

Dream - Menurunkan berat badan harus dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak menimbulkan efek yoyo. Efek yoyo merupakan kondisi ketika pengukurannya tidak stabil. 

Misalnya, berat badanmu mudah naik atau turun dalam waktu singkat dan mungkin terjadi beberapa kali.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut kesalahan penurunan berat badan yang menimbulkan efek yoyo:

 

1 dari 4 halaman

Makan Sangat Sedikit

Makanan Sehat© Shutterstock.com

Hal paling mudah untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi konsumsi makanan dan minuman. Tapi, bukan berarti kamu harus mengonsumsi makanan sangat sedikit.

Hitunglah jumlah kalori ideal yang harus dikonsumsi setiap hari dan sesuaikan konsumsi makananmu. Kamu bisa mencari tahu jumlah kalori ideal di berbagai aplikasi atau situs dengan memasukkan data berat badan serta produktivitas.

Selanjutnya, kamu hanya perlu memasukkan jumlah kalori yang dikonsumsi dan beberapa aplikasi bisa melacak barcode pada kemasan makanan agar lebih praktis serta akurat.

Jika tidak ingin mendata konsumsi harian, kamu bisa mencari tahu jumlah kalori tiap makanan dan menghafalnya. Ini akan mempermudah menghitung kalori setiap hari tanpa menggunakan aplikasi.

2 dari 4 halaman

Menimbang Berat Badan Setiap Hari

Menimbang Berat Badan© Pexels.com

Menimbang berat badan setiap hari bisa membuatmu stres. Ketika stres, metabolisme akan menurun dan kamu lebih sulit menurunkan maupun menaikkan berat badan.

Timbang berat badan seminggu sampai sebulan sekali di pagi har? saat perut kosong agar lebih akurat dan tidak mengganggu metabolisme.

3 dari 4 halaman

Berolahraga Sebelum Makan

Olahraga© Shutterstock.com

Ini menjadi perdebatan banyak orang. Tapi, sebaiknya kamu tetap mengonsumsi makanan secukupnya sebelum berolahraga agar lebih berenergi dan bisa membakar lebih banyak kalori.

4 dari 4 halaman

Mengikuti Diet yang Salah

Diet Kurang Sehat© Shutterstock.com

Tidak semua diet cocok untukmu. Semua orang cocok dengan diet yang berbeda-beda karena perbedaan kondisi tubuh. Maka dari itu, cari tahu pola makan yang sesuai dengan tubuhmu dan bisa dijadikan kebiasaan sehari-hari.

(Sumber: Miss Kyra)

Beri Komentar