Fakta Soal Air Kelapa yang Disebut Bisa Lancarkan Haid

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 17 Agustus 2022 14:01
Fakta Soal Air Kelapa yang Disebut Bisa Lancarkan Haid
Minum air kelapa saat haid memang bisa mendatangkan banyak manfaat.

Dream - Menstruasi memang membuat tubuh jadi sangat tidak nyaman. Pegal, nyeri, sakit kepala, hingga mual. Kondisi ini membuat kita ingin haid cepat selesai.

Banyak orang yang percaya kalau minum air kelapa membuat haid bisa jadi lebih lancar dan cepat. Sebelum Sahabat Dream percaya hal tersebut, ketahui dulu faktanya.

Air kelapa sebenarnya tidak berhubungan dengan darah haid yang keluar. Pada beberapa wanita, volume darah haid berlebihan disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon atau masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Senada dengan itu, dr. Arina Heidyana dari KlikDokter juga menyebut bahwa sejauh ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa minum air kelapa saat haid bisa memperlancar darah yang keluar.

“ Kalau haid tidak lancar, perlu diketahui terlebih dahulu hal yang menjadi penyebabnya. Pasalnya, penyebab haid tidak lancar pada setiap wanita bisa berbeda-beda. Haid yang tidak lancar perlu diatasi sesuai dengan penyebab yang mendasarinya,” kata dr. Arina.

Minum air kelapa saat haid memang bisa mendatangkan banyak manfaat. Hal ini dibuktikan oleh penelitian tahun 2014 yang terbit dalam Journal of Current Trends in Clinical Medicine & Laboratory Biochemistry.

Penelitian tersebut mengatakan, air kelapa mengandung banyak vitamin, mineral, asam amino, karbohidrat, antioksidan, enzim, dan hormon pertumbuhan. Kandungan tersebut sangat baik apabila dikonsumsi oleh wanita dalam periode menstruasinya.

 

1 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa Saat Menstruasi

Memang ada beberapa manfaat air kelapa ketika dikonsumsi saat haid. Penasaran apa saja?

Ilustrasi Air Kelapa© Shutterstock

Mengatasi Kram
Salah satu penyebab kram saat haid adalah kadar kalium tubuh yang terlalu rendah. Sementara itu, air kelapa termasuk jenis asupan yang dapat memasok kalium pada tubuh.

Dengan kata lain, mengonsumsi air kelapa saat haid dapat membantu mengurangi risiko kram perut. Cairan isotonik alami tersebut saat haid juga bisa meredakan perut kembung, nyeri payudara, dan keinginan makan berlebih yang berkaitan dengan sindrom pramenstruasi.

 

2 dari 5 halaman

Mencegah Dehidrasi

Wanita haid rentan mengalami dehidrasi dan anemia, karena kehilangan banyak cairan tubuh. Akibatnya, gejala nyeri haid seperti sakit kepala dan kram perut bisa semakin semakin menjadi.

Sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise menyebut, air kelapa mampu mengisi kembali cairan tubuh yang hilang sehingga baik untuk mencegah dehidrasi.

Manfaat Air Kelapa Sebagai Toner Alami Wajah© MEN

Mencegah Migrain
Kandungan magnesium di dalam air kelapa dapat mencegah migrain alias sakit kepala sebelah. Beberapa penelitian pun menunjukkan, mineral tersebut dapat mengobati migrain dan mengurangi serangan gejala akut.

Air kelapa memang bisa membantu mengurangi keluhan haid yang muncul, tapi durasinya tetap sama dan tak mempercepatnya. Sangat dianjurkan untuk memastikan asupan nutrisi optimal saat haid. Penjelasan selengkapnya baca KlikDokter.com.

3 dari 5 halaman

Manfaat Air Kelapa untuk Atasi Permasalahan Kulit

Dream - Air kelapa selama ini dimanfaatkan untuk mengatasi dehidrasi dan memperlancar buang air kecil. Namun ternyata, air kelapa juga bisa digunakan untuk kecantikan.

Kita bisa memanfaatkan air kelapa untuk memberikan hidrasi dan kelembapan kulit. Sebab, di dalam air kelapa terdapat kandungan mineral dan vitamin, seperti kalium, magnesium, kalsium, selenium, zinc, dan vitamin C dan B.

Ilustrasi© shutterstock

Bukan diminum saja untuk mendapatkan khasiat air kelapa, kamu bisa mengaplikasikannya ke kulit untuk memaksimalkan rangkaian perawatan.

4 dari 5 halaman

Kulit kering dan sensitif

Air kelapa dapat membantu kamu memberikan nutrisi dan kelembapan pada kulit kamu yang kering jika diaplikasikan secara langsung. Kandungan amino acid dan beberapa tipe dari gula, inilah yang dapat membantu kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Jerawat dan bekasnya

Dalam suatu penelitihan, diketahui bahwa di dalam air kelapa terdapat sifat anti mikrobial yang berfungsi membantu melawan jerawat membandel.

Hal ini bisa kamu dapatkan dengan mengaplikasikan air kelapa sebagai masker wajah. Walau begitu, penggunaan air kelapa saja tidak dapat membantu menyembuhkan jerawat, kamu wajib gunakan skincare lain. Air kelapa di sini cuma membantu mempercepat proses penyembuhannya.

5 dari 5 halaman

Mengurangi garis halus

Jika kamu rutin minum air kelapa, ini dapat membantu kamu mengurangi garis-garis halus yang kamu miliki. Kandungan vitamin B3, B2, dan C, dalam air kelapa juga dapat berfungsi meningkatkan produksi kolagen di wajah yang bisa membuat kerutan jadi berkurang.

Meningkatkan kelembapan dan membuat wajah glowy

Dengan rutin mengonsumsi air kelapa, hidrasi di dalam tubuhmu akan terjaga. Dengan memiliki hidrasi yang selalu terjaga di dalam tubuh, ini juga dapat membuat kulit kamu mendapatkan hidrasi yang dibutuhkan.

Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan wajah glowy dan bersinar jika hidrasi terjaga dengan baik.

Sumber: Healthline

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More