7 Manfaat Jus Belimbing untuk Kecantikan, Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 20 Juli 2022 10:36
7 Manfaat Jus Belimbing untuk Kecantikan, Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut
Belimbing yang kaya akan cairan sangat baik untuk membuat kulit tetap lembap dari dalam.

Dream – Belimbing menjadi buah yang banyak digemari mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bentuknya yang unik ketika dipotong karena menyerupai bintang, belimbing yang sudah matang memiliki warna kuning dengan rasa manis dan mengandung banyak air. Di Indonesia pohon buah belimbing sangat mudah dijumpai karena dapat tumbuh dengan subur di halaman rumah mereka.

Selain bisa dimakan langsung, buah belimbing juga dapat diolah menjadi jus yang menyegarkan. Apalagi jika diminum siang hari dengan tambahan es batu. Seketika langsung mengobati rasa dahaga di siang hari yang panas.

Manfaat jus belimbing juga tidak boleh kamu ragukan lho, Sahabat Dream. Di dalamnya terkandung antioksidan yang tinggi, vitamin A, vitamin C, natrium, kalsium, kalium, magnesium, dan zat besi. Kesemua kandungan itulah yang membuat jus belimbing sangat baik bagi kesehatan. Tak hanya itu saja, jus belimbing juga bisa kamu andalkan untuk mendukung kecantikanmu.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat jus belimbing untuk kecantikan sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Manfaat Jus Belimbing untuk Kecantikan

Manfaat Jus Belimbing untuk Kecantikan© Shutterstock.com

Menyembuhkan Masalah Kulit

Manfaat jus belimbing yang pertama adalah bisa menyembuhkan masalah kulit. Kondisi kulit yang tidak baik memang bisa membuat seseorang stres. Apalagi jika hal itu terjadi di bagian yang mudah diketahui orang lain. Maka bisa membuat sahabat Dream menjadi tidak percaya diri.

Namun, kondisi tersebut bisa kamu cegah dengan mengonsumsi jus belimbing. Karena dalam jus belimbing terkandung sifat antimikroba dan antiinflamasi. Kamu bisa meminumnya secara teratur agar terhindar dari masalah kulit, seperti eksim dan dermatitis.

Mencegah Jerawat

Jerawat menjadi masalah kulit yang banyak dialami. Ada yang mengalaminya dengan kondisi ringan dan ada juga yang serius. Jerawat bisa muncul karena beberapa faktor. Misalnya saja setelah beraktivitas di luar rumah dan terkena debu serta polusi lainnya. Kemudian kamu tidak langsung membersihkan wajah, sehingga pori-pori akan tersumbat dan memunculkan jerawat.

Namun jerawat sendiri bisa dicegah dengan cara mengonsumsi jus belimbing. Di dalamnya terkandung antimikroba yang ampuh dalam mencegah dan mengatasi jerawat dari dalam. Namun usahakan untuk tidak mencampur jus belimbing dengan gula. Karena gula yang berasal dari tebu bisa menimbulkan kondisi jerawat yang lebih parah.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jus Belimbing untuk Kecantikan

Manfaat Jus Belimbing untuk Kecantikan© Freepik.com

Membuat Kulit Sehat dan Bercahaya

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat dan bercahaya? Hampir setiap orang pasti menginginkannya, terutama para perempuan. Hal ini tidak hanya sebagai pendukung penampilan saja, tetapi dari segi kesehatan pun sudah seharusnya kulit diperhatikan dengan baik. Apalagi jika sahabat Dream sering melakukan aktivitas di luar rumah, sehingga mudah terpapar sinar matahari dan polusi.

Untuk menjadikan kulit sehat dan bercahaya, salah satunya adalah dengan rajin minum jus belimbing. Nutrisi di dalamnya sangatlah baik untuk kesehatan kulitmu. Namun, pastikan sahabat Dream memilih belimbing yang sudah masak ya untuk mendapatkan nutrisinya yang terbaik.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat jus belimbing yang sayang dilewatkan adalah bisa mencegah penuaan dini. Penuaan dini tentu saja menjadi masalah serius bagi sebagian besar orang yang biasanya ditandai dengan munculnya kerutan-kerutan halus di kulit wajah. Agar kondisinya ini tidak terjadi, sebaiknya sahabat Dream rajin mengonsumsi jus belimbing.

Hal ini karena jus belimbing memiliki kandungan berbagai antioksidan. Jika minuman ini dikonsumsi secara rutin, maka kulit sahabat Dream bisa lebih awet muda.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jus Belimbing untuk Kecantikan

Manfaat Jus Belimbing untuk Kecantikan© Freepik.com

Melindungi dari Radikal Bebas

Manfaat jus belimbing berikutnya adalah bisa melindungi dari radikal bebas. Menyadari bahwa radikal bebas sangatlah berbahaya bagi kulit dalam jangka waktu yang panjang. Bahkan bisa menimbulkan penyakit kulit yang serius. Oleh karena itu, kulit haruslah dijaga dari paparan radikal bebas.

Caranya adalah dengan mengonsumsi jus belimbing. Karena di dalamnya terdapat kandungan senyawa polifenol, asam galat, dan quercetin yang mampu mengatasi stres oksidatif dan menghentikan kerusakan karena radikal bebas. Jika sahabat Dream mengonsumsi jus belimbing secara rutin, maka kulit bisa terlindungi dengan lebih maksimal.

Menjaga Kelembapan Kulit

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Jenis kulit yang kering kerap kali dikeluhkan orang karena hal tersebut bisa menurunkan penampilan. Oleh karena itu, menjaga kelembapan kulit sangatlah penting. Kulit yang lembap menandakan bahwa kulit tersebut terhidrasi dengan cukup.

Nah, jus belimbing bisa menjadi solusi yang tepat untuk menjaga kulit tetap lembap. Mengingat bahwa buah belimbing sendiri cukup banyak mengandung cairan. Dengan meminumnya satu gelas jus belimbing, sahabat Dream bisa memenuhi cairan tubuh serta menjaga kulit tetap lembap. Namun, jangan lupa untuk turut menggunakan lotion ya, sahabat Dream.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jus Belimbing untuk Kecantikan

Manfaat Jus Belimbing untuk Kecantikan© Freepik.com

Menguatkan Rambut

Manfaat jus belimbing tidak hanya baik bagi kesehatan kulit saja. Tetapi juga bisa menguatkan rambut. Ini cocok sekali untuk sahabat Dream yang mengalami kondisi rambut rontok. Jus belimbing memiliki kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks yang ampuh dalam mencegah dan mengatasi rambut rontok. Dengan begitu, rambut sahabat Dream bisa lebih kuat.

Beri Komentar