13 Ribu Perempuan Saudi Antre Latihan Mengemudi

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 21 Juni 2018 19:01
13 Ribu Perempuan Saudi Antre Latihan Mengemudi
Ada enam tahapan untuk mendapatkan SIM.

Dream - Jelang diberikannya izin mengemudi dari Kerajaan Arab Saudi pada 24 Juni 2018, sebanyak 13 ribu perempuan mulai mendaftarkan diri dalam latihan mengemudi di sekolah mengemudi Universitas Imam Abdulrahman bin Faisal di Dammam.

Dari sekolah mengemudi yang sama, sebanyak 67 perempuan telah menerima surat izin mengemudi (SIM).

Dilaporkan Al Arabiya, para perempuan harus menempuh enam tahapan untuk mendapatkan SIM. Beberapa tahapan itu antara lain, pendaftaran, mendaftar di laman sekolah mengemudi, mendaftar program sekolah mengemudi, mempelajari teori mengemudi, praktik, dan terakhir ujian mengemudi bersama Departemen Lalu Lintas.

Pelatihan berlangsung di lapangan tertutup di sekolah, tak jauh dari gedung kampus di distrik Al Rakah.

Selama menjalani pelatihan, para perempuan perlu menyelesaikan lima jam teori mengemudi, dua jam pemahamam regulasi dan keamanan berkendara, dan 20 jam latihan mengemudi.

Kerajaan Arab Saudi menerapkan aturan batasan usia. Untuk mendapatkan SIM, para perempuan yang mendaftar harus berumur 18 tahun atau lebih.

Sementara itu, bagi para perempuan yang telah memiliki SIM internasional dapat menggantinya dengan SIM Arab Saudi. Caranya cukup dengan menjalani tes mengemudi.

Wanita dengan lisensi kedaluwarsa harus mengambil enam jam pelatihan dibagi menjadi dua jam sehari sebelum menjalani tes mengemudi. Jika mereka lulus tes, Departeman Lalu Lintas segera mengeluarkan lisensi.

Untuk calon yang gagal harus menjalani empat jam pelatihan lebih lanjut sebelum mengulang tes.

(Sah)

Beri Komentar
Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?