Sholat Tarawih Berjamaah Tapi Witir Sendiri, Ini Pesan Rasul

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 21 Juni 2016 16:28
Sholat Tarawih Berjamaah Tapi Witir Sendiri, Ini Pesan Rasul
Terdapat praktik di sebagian masyarakat, mereka ikut berjamaah tarawih tetapi tidak menjalankan witir.

Dream - Sholat tarawih selalu menjadi penghias malam di bulan Ramadan. Hampir seluruh masjid dan mushola menggelar sholat tarawih berjamaah.

Sholat tarawih dilaksanakan usai sholat isya. Rangkaian tersebut kemudian diakhiri dengan sholat witir yang jumlah rakaatnya ganjil.

Terdapat praktik di sebagian masyarakat, mereka ikut berjamaah tarawih tetapi tidak menjalankan witir. Alasannya, mereka akan menjalankan witir di akhir malam usai mendirikan sholat tahajud.

Dikutip dari laman konsultasisyariah.com, seorang makmum dibolehkan meninggalkan sholat witir berjamaah. Dengan alasan, dia akan menjalankan sholat witir di malam hari usai sholat tahajud.

Sholat sunah witir dipahami sebagai sholat penutup dari seluruh rangkaian sholat dalam satu hari. Karena penutup, maka tidak ada sholat sunah setelah itu.

Meninggalkan sholat witir berjamaah bukan hal yang tidak dilarang. Tetapi, perbuatan tersebut juga sangat tidak disarankan.

Alasannya, terdapat pahala begitu besar bagi orang yang tarawih berjamaah dengan imam dari awal hingga selesai. Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan Turmudzi dari Abu Dzar ra.

" Dari Abu Dzar ra Nabi SAW bersabda: 'Orang yang melaksanakan sholat malam bersama imam sampai selesai maka dicatat untuknya pahala qiyamul lail semalam suntuk'."

Terkait pelaksanaan witir, Ibnu Hazm dalam kitab Al Muhalla berpendapat witir yang lebih afdhal dilakukan di akhir malam. Tetapi, witir dilakukan di awal malam tentu baik, tanpa harus membatalkannya lantaran ingin mengerjakan sholat sunah di akhir malam

Sumber: konsultasisyariah.com

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak