Fatwa MUI Bisa Dijadikan Rujukan Umat Hadapi Pandemi Covid-19

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Minggu, 18 Oktober 2020 14:34
Fatwa MUI Bisa Dijadikan Rujukan Umat Hadapi Pandemi Covid-19
Wapres Ma'ruf menyatakan, bahwa MUI sudah dilibatkan pemerintah sejak awal pandemi Covid-19 di Indonesia.

Dream - Menghadapi pandemi Covid-19 memang cukup berat. Selama 7 bulan kehidupan masyarakat berubah drastis. Salah satunya tak bisa beribadah di mesjid sebebas seperti sebelum pandemi.

Terkait peribadatan, penting bagi masyarakat muslim di Indonesia mengikuti petunjuk dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyatakan bahwa fatwa MUI, menjadi rujukan pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan untuk mengutamakan keselamatan rakyat akibat pandemi virus corona Covid-19.

Wapres Ma'ruf menyatakan, bahwa MUI sudah dilibatkan pemerintah sejak awal pandemi Covid-19 di Indonesia.

Oleh karena itu, masyarakat khususnya umat Islam bisa menjadikan fatwa MUI sebagai rujukan dalam menghadapi wabah Covid-19 ini.

1 dari 3 halaman

Dapat Menjadi Acuan

Dia menyebut, fatwa MUI banyak menjadi acuan. Misalnya dalam pelaksanaan ibadah salat Jumat, salat Idul Fitri, Idul Adha, pembayaran zakat yang dapat dipergunakan untuk penanggulangan pandemi, hingga tata cara beribadah bagi tenaga medis yang menggunakan baju hazmat.

" Karena mereka tidak mudah membuka bajunya, bagaimana sulitnya melakukan salat seperti biasa, melakukan ruku, sujud dengan sempurna. Itu (dari MUI) ada panduannya," kata Ma'ruf di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat 16 Oktober 2020.

 

2 dari 3 halaman

Terkait Pemakaman Jenazah Covid-19

Fatwa lain MUI, lanjut Ma'ruf, antara lain pengurusan dan tata cara pemakaman atau pemulasaran jenazah dengan protokol Covid-19.

Tata cara itu mengatur bagaimana memakamkan jenazah tanpa membahayakan pihak keluarga almarhum, termasuk petugas pemakaman. Sehingga pemakaman jenazah dilakukan oleh orang yang mengerti dan menyelenggarakan dengan aman.

" Untuk vaksin, saya sudah minta (MUI) dilibatkan dari mulai perencanaan, pengadaan vaksin, kemudian pertimbangan kehalalan vaksin, audit di pabrik vaksin, termasuk kunjungan ke fasilitas vaksin di RRT (Republik Rakyat Tiongkok). Kemudian juga terus mensosialisasikan ke masyarakat dalam rangka vaksinasi," ujar Wapres Ma'ruf.

3 dari 3 halaman

Berikut Videonya:

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar