Bahaya Besar di Balik Hati yang Sakit

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 15 Januari 2018 16:00
Bahaya Besar di Balik Hati yang Sakit
Iblis saja sampai terusir dari surga, bagaimana dengan manusia.

Dream - Menjaga hati sangat dianjurkan bagi manusia, terutama umat Islam. Hati yang tak terjaga dapat berpengaruh pada kepribadian seseorang.

Jika hati mengidap penyakit, maka jiwa seseorang bisa menjadi tidak sehat. Imam Al Ghazali pun mengingatkan jika penyakit hati tidak disembuhkan di dunia, maka seseorang akan terus celaka hingga akhirat.

Salah satu penyakit yang menghinggapi manusia adalah sombong. Riwayat terusirnya Iblis dari surga juga karena penyakit sombong ini. Seperti yang dijelaskan dalam Surat Al A'raf ayat 12-13.

Allah berfirman, " Apakah yang menghalangimu (iblis) untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu? Menjawab iblis, " Saya lebih baik daripada Adam: Engkau ciptakan saya dari api sedang Adam Engkau ciptakan dari tanah.

Allah berfirman, " Turunlah kamu dari surga itu, karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina.

Dalam hadis riwayat Muslim, Ibnu Mas'ud RA menjelaskan sabda Rasulullah Muhammad SAW mengenai pengertian dari sombong.

" Sombong adalah menolak kebenaran dengan angkuh, dan merendahkan manusia."

Jika iblis sampai dikeluarkan dari surga karena kesombongannya, maka bagaimana dengan manusia? Dan Ibnu Mas'ud kembali menjelaskan dalam riwayat Muslim.

" Nabi shalallahu alaihi wasallam bersabda, 'Tidak akan masuk seseorang yang di dalam hatinya masih ada sebiji dzarrah dari kesombongan'."

Selengkapnya baca di sini...

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone