Bahaya Berjalan di Depan Orang Sholat

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 25 Juni 2016 03:43
Bahaya Berjalan di Depan Orang Sholat
Bagaimana hukumnya orang yang melintas di depan orang sholat? Apakah itu hanya sekadar ketidaksopanan?

Dream - Terkadang sering terlihat seseorang berjalan di masjid dengan tenang. Mereka tidak memperhatikan ada orang lain sedang sholat di masjid tersebut.

Kadang pula sebenarnya mereka tahu ada orang sholat. Tetapi, mereka dengan seenaknya melintas di depan orang yang sholat tersebut, tepatnya di tempat sujudnya.

Bagaimana hukumnya orang yang melintas di depan orang sholat? Apakah itu hanya sekadar ketidaksopanan?

Terkait perkara ini, terdapat hadits yang sangat jelas dan tegas. Bisr bin Sa'id meriwayatkan, Zaid bi Khalid Al Juhni datang ke Abu Juhaim untuk bertanya apa yang ia dengar dari Rasulullah tentang orang yang lewat di depan orang sholat.

" Abu Juhaim berkata, Rasulullah bersabda, 'Kalau saja orang yang lewat di depan orang yang sedang sholat mengetahui apa (akibat) baginya, niscaya berdiri selama empat puluh lebih baik baginya daripada lewat di depannya'." Abu An-Nazhar berkata, " Saya tidak mengetahui apakah beliau bersabda empat puluh hari, empat puluh bulan, atau empat puluh tahun." (HR Bukhari)

Terdapat hadits lain yang berisi larangan serupa. Hadits tersebut diriwayatkan Imam An Nawawi dalam Syarh Muslim.

" Abu Sa’id Al-Khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, 'Bila salah seorang di antara kalian sholat, janganlah membiarkan orang lain lewat di depannya dan hendaknya ia mencegahnya sekuat tenaga. Bila ia enggan, hendaknya ia membunuhnya karena itu adalah setan."

Selengkapnya, baca pada tautan ini. (Ism) 

 

 

Beri Komentar
Ternyata Rhoma Irama Seorang Vyanisty!