Doa Saat Melihat Hilal Bulan Suci Ramadan

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 9 Mei 2018 20:00
Doa Saat Melihat Hilal Bulan Suci Ramadan
Untuk menentukan 1 Ramadan, umat Islam biasa menggunakan metode melihat hilal.

Dream - Melihat hilal merupakan salah satu metode yang digunakan umat Islam untuk menentukan awal bulan. Hilal adalah bulan dalam wujud sabit tipis.

Metode ini sebenarnya bisa digunakan untuk menentukan awal tiap bulan. Tetapi, umat Islam lebih sering menggunakannya saat akan Ramadan dan Syawal serta Zulhijah.

Sebab, ketiganya adalah bulan inti dalam ajaran Islam. Ramadan adalah bulan puasa, Syawal merupakan bulan fitri, sedangkan Zulhijah dikenal bulan haji.

Hilal bisa disaksikan di ruang terbuka. Bisa dengan mata telanjang atau menggunakan alat.

Ketika melihat hilal, Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan kita membaca doa ini. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Ahmad.

Doa saat lihat hilal© dream.co.id

Allahu akbar, Allahumma ahillahu 'alainaa bilamni wal iimaan, wassalaamati wal islaami, wat taufiiqi limaa nukhibbu wa tardlaa, rabbanaa wa rabbukallaah.

Artinya:

" Allah Maha Besar, Ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, dan membawa taufik yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah."

Beri Komentar