Tips Menghilangkan Sakit Hati ala Rasulullah

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 28 Desember 2017 18:00
Tips Menghilangkan Sakit Hati ala Rasulullah
Sakit hati hanya akan menimbulkan dampak buruk tidak hanya bagi diri sendiri.

Dream - Terkadang, ada orang yang berbuat salah kepada kita. Alhasil, kita menjadi sakit hati karena perbuatan orang tersebut.

Sakit hati adalah bagian dari perasaan buruk. Jika dipendam, dapat menimbulkan dampak negatif hingga sampai pada upaya berbuat kerusakan.

Tidak hanya itu, sakit hati juga bisa memutus tali persaudaraan. Yang lebih parah, sakit hati bisa memicu perkelahian hingga pembunuhan.

Karena dampaknya yang begitu merugikan, Rasulullah mengajarkan kita untuk menghilangkan perasaan sakit hati. Hal itu bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.

Pertama, membiasakan bermuhasabah atau instropeksi diri. Kesalahan yang kita terima dari orang lain bisa jadi karena faktor diri kita sendiri.

Kita mungkin lalai berbuat baik pada orang lain. Selain itu, mungkin kita terlalu sensitif dengan perkataan orang lain sehingga mudah sakit hati.

Ke dua, berusaha menjauhi sifat iri hati. Kondisi tiap orang tentu berbeda. Oleh sebab itu, kita patut bersyukur atas kondisi yang terjadi pada diri sendiri. Iri hati hanya akan menjerumuskan kita pada kedengkian.

Ke tiga, menekan amarah dan keras hati. Amarah hanya akan membutakan pikiran seseorang. Alhasil, orang yang bersangkutan akan bertindak tanpa memikirkan dampaknya.

Ke empat, meningkatkan sifat pemaaf dalam diri kita. Memaafkan kesalahan orang lain akan menghilangkan dendam. Perasaan sakit hati pun akan hilang bila kita mau memaafkan orang lain.

Selengkapnya baca di sini...

Beri Komentar