Amnesti Pajak Selamatkan Bursa Saham dan Rupiah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 30 Desember 2016 15:32
Amnesti Pajak Selamatkan Bursa Saham dan Rupiah
Kondisi perekonomian dunia yang masih melambat sukses ditutupi oleh program amnesti pajak.

Dream – Kinerja pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai lebih baik dibandingkan dengan perekonomian global. Hal itu terindikasi dari naiknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan menguatnya kurs rupiah terhadap dolar AS sepanjang 2016.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D. Hadad dalam keterangan pers di kantornya, Jakarta, Jumat, 30 Desember 2016, mengatakan pada triwulan III 2016, perekonomian Indonesia tumbuh melambat di angka 5,02 persen.

Angka ini di bawah pertumbuhan ekonomi pada triwulan II 2016 yang sebesar 5,19 persen, namun di atas triwulan III 2015 yang sebesar 4,74 persen.

“ Sentimen positif domestik terkait perkembangan perekonomian yang lebih baik (berasal) dari ekspektasi pasar dan program keberhasilan tax amnesty,” kata Muliaman di Jakarta.

Namun, lanjut Muliaman, program amnesti pajak telah berhasil menjaga penguatan IHSG dan nilai tukar di tengah dinamika kenaikan suku bunga The Fed (Fed’s Fund Rate/FFR) dan fluktuasi harga minyak.

Kondisi stabilitas jasa keuangan Indonesia juga dinilai masih berada dalam kondisi normal. Dan kinerja pasar keuangan domestik juga masih berjalan cukup baik.

“ Tingkat kesehatan lembaga jasa keuanganyang masih dalam kondisi terjaga dengan didukung tingkat yang tinggi dan likuiditas yang memadai,” kata dia.(Sah)

Beri Komentar