6 Penyebab Payudara Mengendur, Tak Cuma Karena Kehamilan Lho!

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 30 September 2020 19:33
6 Penyebab Payudara Mengendur, Tak Cuma Karena Kehamilan Lho!
Payudara mengendur banyak dialami para wanita usai kehamilan dan menyusui. Faktanya ada juga faktor penyebab payudara mengendur

Dream - Seiring bertambahnya usia, kamu akan mengalami pengenduran kulit. Hal ini tidak hanya terjadi di wajah, tapi juga payudara.

Tentu bagi perempuan hal ini akan sangat mengganggu penampilan. Pengenduran pada payudara sendiri mulai terjadi sekitar usia 30.

Di samping kehilangan jaringan lemak, penurunan jumlah estrogen juga memengaruhi pengenduran payudara. Dilansir dari Sehatq.com, berikut penyebab pengenduran payudara.

Usia

Hal ini menjadi penyebab utama pengenduran karena terjadi secara alami dan tidak dapat dicegah. Terutama, ketika kamu telah mengalami menopause dan kekurangan produksi hormon serta penurunan volume payudara.

1 dari 2 halaman

Bentuk dan ukuran

Mengukur Lingkar Perut© Shutterstock.com
Mungkin, banyak wanita berpayudara lebih kecil yang merasa kurang percaya diri. Padahal, bentuk payudara lebih kecil dan bulat bisa mempertahankan bentuknya lebih lama daripada yang lebih besar serta lancip.

Indeks Massa Tubuh (IMT)

Ukuran payudara bergantung pada indeks massa tubuh. Sehingga, wanita dengan IMT besar akan mengalami pengenduran lebih cepat.

Berat badan

Kulit payudara bisa meregang dan mengerut ketika kamu mengalami penurunan atau peningkatan berat badan secara drastis. Akibatnya, payudara juga akan lebih cepat mengendur.

2 dari 2 halaman

Genetik

Beberapa kondisi tubuh termasuk bentuk dan ukuran payudara, berat badan serta kekuatan ligamen Cooper (penyangga payudara) dipengaruhi oleh faktor genetik.

Sehingga, jika memiliki anggota keluarga yang payudaranya cepat mengendur, kamu juga bisa mengalaminya.

Kehamilan

Saat hamil, kamu akan mengalami penurunan dan peningkatan berat badan secara drastis. Apalagi, payudaramu akan terisi ASI selama menyusui.

Oleh karena itu, proses kehamilan juga memengaruhi proses penuaan dan pengenduran payudara.

Jagalah berat badan agar tetap ideal, gunakan bra yang tepat, hindari merokok serta berolahraga teratur untuk mencegah penuaan serta pengenduran payudara.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar