Asupan Cairan Sudah Terpenuhi? Ini Cara Mengetahuinya

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 27 Juli 2021 08:12
Asupan Cairan Sudah Terpenuhi? Ini Cara Mengetahuinya
Seluruh sel tubuh manusia menggunakan air, oleh sebab itu penting untuk terhidrasi dengan baik.

Dream – Kandungan air dalam tubuh manusia sekitar 60%-70% dari berat tubuh. Kamu pasti pernah dengar bahwa kita harus minum 8 gelas sehari untuk mengoptimalkan kesehatan dan pencernaan.

Sebenarnya, tidak ada memiliki jumlah standar air yang harus diminum setiap orang. Banyak air yang harus kamu minum setiap hari sangat bergantung pada aktivitas dan kondisi tubuh.

Menurut Drew Sinatra, ND, seorang dokter naturopati, air adalah pengangkut zat dan nutrisi kedalam tubuh. “ Minum air dapat membuat racun, melumasi sendi, meredakan sembelit, meningkatkan konsentrasi, fokus, energi, elastisitas kulit, suasana hati, dan secara keseluruhan adalah kesehatan,” katanya.

Seluruh sel tubuh manusia menggunakan air, oleh sebab itu penting untuk terhidrasi dengan baik. Untuk mengetahui apakah kita susah cukup minum air atau belum adalah dengan melihat warna dan frekuensi buang air kecil.

 

1 dari 6 halaman

" Buang air kecil setiap 90 menit hingga dua jam adalah hal yang normal. Jika urine berwarna kuning gelap dan kamu hanya buang air kecil setiap enam jam atau lebih, maka kamu tidak cukup terhidrasi," kata Sinatra.

Hijab minum air putih© Shutterstock.com

Cara lain untuk mengetahui tingkat hidrasi adalah memeriksa elastisitas kulit. Dokter Sinatra menyarankan untuk menjepit kulit di punggung tangan selama beberapa detik dan lihat apa yang terjadi.

Jika kulit kembali ke tempatnya dengan cepat, maka kemungkinan kamu terhidrasi dengan baik. Namun jika perlu waktu untuk kembali normal, maka bisa saja kamu mengalami dehidrasi. Jika muncul gejala dehidrasi seperti pusing, brain fog, dan kelelahan segera minum banyak air atau konsumsi buah-buahan kaya air.

Laporan Elyzabeth Yulivia/ Sumber: Realsimple

2 dari 6 halaman

Ternyata Ini Manfaat Minum Air Putih Sebelum Vaksinasi Covid-19

Dream - Sebelum melangsungkan vaksinasi, penting untuk menjaga daya tahan dan kondisi tubuh. Beberapa ahli pun kerap kari memberikan saran seperti tidur cukup, makan, dan istrihat. Selain itu, banyak yang belum mengetahui ternyata terhidrasi sangat penting dalam periode vaksinasi.

Dilansir Huffington Post, menurut Deborah Fuller, ahli mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Washington, menaga kondisi tubuh agar terus terhidrasi penting untuk menjaga fungsi sistem kekebalan sehingga dapat membantu tubuh mengembangkan respons yang lebih baik terhadap vaksin Covid-19.

“ Hidrasi penting untuk fungsi sistem kekebalan Anda, sehingga akan membantu tubuh Anda mengembangkan respons yang lebih baik terhadap vaksin,” kata Fuller.

3 dari 6 halaman

Aqua© Istimewa

Hidrasi menjadi sangat penting karena dapat mencegah terjadinya demam ringan usai vaksinasi. Seseorang juga sangat mungkin untuk mengeluarkan keringat berlebih dan kehilangan volume air.

Untuk itu, Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia mengatakan dalam keterangannya mengatakan bahwa, pihaknya mendukung program vaksinasi Covid-19 di Indonesia melalui pemberian lebih dari 3,3 juta botol air minum berkualitas yang telah disalurkan sepanjang tahun 2020 dan 2021 kepada masyarakat dan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia

Vera mengatakan sejak pandemi Covid-19 terjadi pada tahun lalu di Indonesia, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah dalam menjalankan berbagai upaya pemulihan serta membantu meningkatkan kesehatan masyarakat, salah satunya melalui program vaksinasi bertahap.

" Kami senantiasa berkontribusi pada kegiatan tersebut untuk memastikan pelaksanaannya dapat berjalan lancar dan sukses sesuai target. Karena kami memahami pentingnya menjaga kebugaran dan kecukupan hidrasi tubuh saat pandemi terutama saat proses vaksinasi dengan menyediakan air minum yang sehat serta berkualitas bagi para peserta vaksinasi dan tenaga kesehatan," kata dia.

4 dari 6 halaman

Ini 4 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

Dream - Mengonsumsi makanan dan minuman sehat bukanlah satu-satunya cara menjalani pola makan sehat. Kamu juga perlu minum air cukup. Selain menjaga kesehatan tubuh, air putih yang cukup juga mempermudah penurunan berat badan.

Meski hampir semua orang menyadari pentingnya membiasak minum air putih, namun masih ada yang punya anggapan keliru. Mereka menganggap minuman lainnya juga dihitung sebagai konsumsi air harian.

Mengonsumi minuman yang telah dicampur dengan bahan lainnya tidak termasuk dalam konsumsi air harian. Manfaat minuman yang telah dicampur pun berbeda dengan air.

Tentu saja minum air akan lebih bermanfaat dan sehat bagi tubuh. Dilansir dari Times of India, berikut manfaat minum air cukup bagi tubuh.

5 dari 6 halaman

Menghilangkan racun dalam tubuh

Minum air cukup dapat membersihkan racun tubuh yang terdapat pada ginjal dan memperlancar pencernaan. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati ketika mulai merasa dehidrasi.

Mencegah makan terlalu banyak

Makan© Shutterstock.com
Kurang minum air akan membuatmu dehidrasi dan memicu rasa lapar palsu. Minumlah secukupnya untuk mencegah makan berlebihan.

Jumlah air yang harus dikonsumsi per hari dapat diukur menggunakan kalkulator pada berbagai situs. Biasanya, konsumsi air dikaitkan dengan jumlah kalori yang perlu dikonsumsi per hari.

6 dari 6 halaman

Mengoptimalkan olahraga

Berolahraga© Shutterstock.com
Minum air tidak hanya bermanfaat untuk melepaskan dahaga ketika berolahraga, tapi juga mengoptimalkan fungsi organ tubuh.

Sehingga, gerakanmu saat berolahraga lebih tepat dan dapat membakar lebih banyak kalori.

Tidak berkalori

Kamu tidak perlu takut berat badanmu meningkat ketika minum air. Air merupakan minuman tanpa kalori.

Namun, minum air terlalu banyak juga bisa menambah berat badan. Jadi, kamu harus memerhatikan jumlah air yang perlu dikonsumsi per hari.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar