Gigi Anak Berlubang? Begini Cara Mengatasinya

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 21 Juni 2017 16:15
Gigi Anak Berlubang? Begini Cara Mengatasinya
Gigi anak yang berlubang atau bahkan copot akan mengganggu proses penyerapan nutrisi dan lafal pengucapan saat mereka berbicara.

Dream - Menjaga kesehatan rongga mulut mutlak dilakukan agar gigi tak rusak dan tanggal, termasuk pada gigi anak.

Gigi anak yang berlubang atau bahkan copot akan mengganggu proses penyerapan nutrisi dan lafal pengucapan saat mereka berbicara.

Namun sering kali kerusakan sudah terjadi pada gigi anak. Apalagi kalau kondisi gigi berlubang pada anak telah mencapai tahap sedang. Artinya, gigi sudah mengalami pembusukan sampai lapisan gigi yang kedua yaitu lapisan dentin.

Pada tahap ini, tentu saja gigi anak perlu ditambal agar tidak terjadi infeksi. Penambalan ini juga untuk merangsang pembentukan lapisan gigi baru melalui pemberian bahan tambalan yang dapat merangsang pengembalian mineral-mineral gigi.

Pada proses perawatan gigi anak diperlukan kerjasama yang baik antara dokter gigi dan orang tua. Saat menjalani perawatan gigi, orang tua bisa membawa mainan kesukaan anak agar buah hati lebih kooperatif.

 Shutterstock

Setelah perawatan, orang tua tak perlu memberikan tambahan multivitamin dan kalsium jika masih memberikan ASI. Namun jika sudah lepas ASI, multivitamin dan kalsium perlu diberikan untuk memperkuat gigi anak.

Sahabat Dream, kamu perlu bekonsultasi dengan dokter gigi atau spesialis anak untuk mencari solusi pencegahan agar tidak berlubang gigi. Solusi biasanya melakukan penyikatan gigi setelah diberikan ASI atau membersihkan gigi-giginya dengan kain kasa yang dibasahi air matang.

Anak memang perlu diedukasi menyikat gigi dengan cara menyenangkan misalnya dengan lagu, cerita, atau kartun peraga. Sebelumnya, ajak si kecil berbelanja untuk memilih sikat gigi sesuai warna dan karakter favoritnya.

Sedangkan tugas orang tua adalah memilihkan pasta gigi yang tepat untuk anak. Pasta gigi ini sebaiknya tidak mengandung detergen yang menyebabkan rongga mulut kering melainkan terkandung protein dan enzim untuk menguatkan dan melindungi. Misalnya pasta gigi Enzim Anak.

 Enzim

Pasta gigi Enzim Anak bermanfaat menjaga agar gigi susu anak tetap tidak rusak hingga waktu tanggalnya. Di dalamnya mengandung enzim amyloglucosidase, glucose oxidase, dan lactoperoxidase bermanfaat untuk mengembalikan kualitas air ludah agar dapat mengontrol keseimbangan bakteri di dalam rongga mulut.

Enzim Anak menggunakan xylitol yang merupakan pemanis rasa yang dapat mencegah gigi berlubang.

Jadi tak ada kata terlambat untuk merawat gigi buah hati, segera pakai Enzim Anak. Tersedia rasa aneka buah yang pasti disukai si kecil.

Beri Komentar
Dari Jakarta Hingga Bekasi, Ini Situasi Pemukiman yang Terkena Dampak Banjir