Hati-hati! Mengonsumsi Tauge Berlebihan Berdampak Negatif Bagi Kesehatan

Reporter : Putu Monik Arindasari
Kamis, 24 Juni 2021 18:15
Hati-hati! Mengonsumsi Tauge Berlebihan Berdampak Negatif Bagi Kesehatan
Apa saja risiko serta gangguan kesehatan yang muncul?

Dream - Tauge atau kecambah merupakan sayuran yang banyak dipergunakan dalam hidangan khas Indonesia. Selain memiliki rasa yang lezat dan bertekstur gurih, tauge juga kaya akan nutrisi. Namun ternyata, mengonsumsi tauge secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai macam dampak negatif bagi tubuh.

Dilansir sehatq.com, terlalu banyak mengonsumsi tauge bisa memicu timbulnya gangguan pencernaan hingga meningkatkan risiko hipotensi. Tak hanya itu, beberapa gangguan kesehatan berpotensi muncul saat terlalu banyak mengonsumi sayuran ini.

Apa saja risiko serta gangguan tersebut?

Menyebabkan gangguan pencernaan

Makan tauge secara berlebihan dapat memicu gangguan pencernaan. Tauge memang mengandung banyak serat, namun terlalu banyak asupan serat makanan yang merupakan pencahar alami berpotensi menimbulkan berbagai masalah pencernaan, seperti penyerapan nutrisi yang buruk, peningkatan gas pada usus, perut kembung, dan diare.

1 dari 8 halaman

Meningkatkan Risiko Hipoglikemia

Salah satu khasiat tauge adalah membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Tauge merupakan sayuran dengan indeks glikemik rendah dan mengandung banyak serat. Kandungan glikemik rendah namun kaya serat sangat bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah.

Walaupun memiliki dua kelebihan, efek makan tauge berlebihan berpotensi menyebabkan penurunan gula darah ke tingkat yang sangat rendah sehingga berpotensi menimbulkan hipoglikemia.

Beberapa gejala hipoglikemia yang harus diwaspadai diantaranya, keringat berlebihan kelaparan berlebihan, pingsan, lemas, kelelahan, mual, muntah, penglihatan kabur dan jantung berdebar.

Tauge© Shutterstock

Meningkatkan Risiko Hipotensi

Kandungan kalium yang terdapat dalam tauge bermanfaat untuk melemaskan pembuluh darah dan baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
Namun, efek makan tauge berlebihan berpotensi meningkatkan kadar kalium dalam darah sehingga risiko hipotensi atau tekanan darah rendah dapat terjadi.

Penderita hipotensi dapat mengalami gejala berupa pusing, penglihatan kabur, mual, muntah, kelelahan, pingsan, kurang konsentrasi, dan gejala lainnya.

Risiko hipotensi akibat makan tauge berlebihan juga bisa meningkat pada orang yang tengah mengonsumsi obat penurun tekanan darah.

2 dari 8 halaman

Reaksi Alergi

Risiko lainnya yang berpotensi ditimbulkan adalah reaksi alergi pada sebagian orang yang sensitif terhadap kandungan tauge. Terlebih lagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Jika kamu terbukti mengalami alergi setelah mengonsumsi tauge, sebaiknya hindari mengonsumsi sayuran ini.

Tauge© Shutterstock

Menimbulkan Infeksi Alergi

Efek makan tauge secara berlebihan lainnya adalah dapat menyebabkan infeksi bakteri, khususnya jika tauge dikonsumsi secara mentah. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menyimpan serta mencuci tauge dengan baik sebelum dimasak.

Kamu juga harus mengolah tauge sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi. Sementara itu, ibu hamil, ibu menyusui, dan orang dengan sistem imun tubuh yang lemah tidak dianjurkan untuk mengonsumsitauge mentah, apalagi jika dilakukan secara berlebihan.

3 dari 8 halaman

Daun Kelor Bisa Atasi Jerawat di Wajah dan Punggung

Dream - Moringa oleifera atau daun kelor tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tapi juga mampu mengatasi masalah jerawat di wajah ataupun punggung.

Daun kelor mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, C, dan E, yang mampu untuk menutrisi kulit.

Tpi bagi kalian yang ingin merasakan manfaat daun kelor tak perlu repot mpergi ke pasar dan memasaknya. Sebab, banyak produk di pasaran yang mengandung daun kelor dengan beragam manfaat itu.

Salah satunya sabun The Camels Moringa Acne and Brightening yang memiliki kandungan daun kelor serta Essential Peach Oil yang mampu mengatasi masalah jerawat di wajah dan punggung.

Bukan hanya itu saja, daun kelor juga mampu mencegah penuaan dini, menghilangkan flek hitam serta melembabkan kulit.

Mengobati Kesurupan dengan Daun Kelor?© MEN

" Daun kelor banyak sekali manfaatnya untuk kulit," kata Sahil Mulachela, pemilik The Camels Moringa Acne and Brightening.

Sahil yang juga aktif sebagai penyiar radio ini menjelaskan kalau sabun yang berasal dari ekstrak daun kelor juga mampu untuk menghilangkan penyakit di kulit seperti panu, kurap, dan melindungi kulit dari infeksi.

" Karena di dalamnya ada kandungan antiseptik yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit," ucap dia.

4 dari 8 halaman

5 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan, Bikin Terkejut!

Dream – Daun kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lo, Sahabat Dream. Daun yang kerap dikaitkan dengan hal mistis ini dapat membantu kita menjaga kesehatan tubuh.

Seperti yang disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa daun kelor dapat membantu dalam perkembangan tubuh. Selain itu juga, daun kelor bisa dijadikan obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Banyaknya manfaat dari daun kelor ini membuat para ilmuwan melakukan berbagai macam penelitian guna mencari tahu manfaat yang ditimbulkan oleh daun tersebut. Bahkan, para ilmuwan memiliki sebuah julukan untuk daun kelor yaitu, pohon keajaiban.

Daun kelor sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi pada bayi dan anak-anak. Selain itu, daun kelor juga bisa sangat bermanfaat pula bagi orang dewasa. Untuk itu, Dream akan memberikan informasi mengenai manfaat daun kelor bagi kesehatan. Simak informasinya berikut ini.

 

5 dari 8 halaman

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan: Mengobati Kanker

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan© shutterstock

Daun kelor ternyata bisa mengobati kanker, lo, Sahabat Dream. Penelitian yang dipublikasikan ke dalam jurnal Oncology Letters menyatakan bahwa manfaat daun kelor yang pertama adalah untuk mengobati kanker. Kanker yang dimaksud meliputi kanker payudara, kanker paru-paru, bahkan hingga kanker kulit.

Kandungan antioksidan, protein, karetenoid, potassium dan lainnya mampu membantu menangkal radikal bebas sehingga dapat menghambat pertumbuhan kanker di tubuh. Cara menggunakannya pun cukup mudah dan praktis. Kalian bisa menambahkan ekstrak daun kelor pada air mineral.

6 dari 8 halaman

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan: Menjaga Kesehatan Mata

Seperti yang sudah diketahui bahwa ibu yang sedang menyusui sangat memerlukan gizi yang cukup. Hal itu bertujuan untuk dapat menjaga kesehatan sang anak yang sedang disusuinya. Sebagian besar dokter kandungan pasti akan menyarankan sang ibu untuk mengkonsumsi daun kelor.

Kandungan zat besi tinggi yang terdapat di dalam daun kelor itulah yang membuat para dokter menyarankan untuk mengkonsumsi daun kelor. Ibu yang sedang menyusui haruslah memiliki asupan zat besi yang cukup. Tetapi, daun kelor tidak disarankan untuk ibu hamil ya Sahabat Dream.

7 dari 8 halaman

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan: Anti-Aging

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah sebagai antioksidan. Bagi para wanita yang telah memasuki masa menopause sangat disarankan untuk mengkonsumsi daun kelor. Kandungan antioksidan yang tinggi mampu membantu memperlambat efek penuaan tubuh dan dapat membantu keseimbangan kadar hormone di dalam tubuh.

Konsumsilah daun kelor secara rutin setip hari. Dengan mengkonsumsinya, kalian akan menjadi terlihat lebih muda dan intensitas keriput di kulit akan berkurang.

 

8 dari 8 halaman

Manfaat Daun Kleor bagi Kesehatan: Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kalian memiliki masalah pencernaan? Sering sakit maag? Berarti kalian harus mengkonsumsi daun kelor secara rutin. Kok daun kelor? Memang bisa mengatasi masalah pencernaan? Tentu saja bisa dong, daun kelor memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Harus kalian ketahui bahwa salah satu manfaat daun kelor adalah sebagai anti-inflamasi. Dengan manfaat itu lah yang membuat daun kelor sangat disarankan bagi kalian yang memiliki masalah dalam hal pencernaan. Tetapi, tetap harus dikonsumsi secara rutin ya Sahabat Dream dan juga menjauhi makanan pencetus masalah pencernaan.


(Sumber: doktersehat.com)
https://doktersehat.com/3-manfaat-daun-keor-untuk-kesehatan-tubuh/

Beri Komentar