Ini Dia Cara Memutihkan Gigi yang Alami

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 21 Juni 2019 08:36
Ini Dia Cara Memutihkan Gigi yang Alami
Gigi yang tampak kuning bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Bagaimana cara memutihkan gigi secara alami? Berikut Dream rangkumkan cara mudahnya.

Dream - Memiliki gigi putih bersinar alami tentu menjadi impian setiap orang. Selain bisa membuat kita tampak percaya diri, gigi putih membuat kita tidak malu saat tersenyum maupun tertawa lebar.

Sebelum itu, kita harus tahu nih Sahabat Dream, apa saja yang membuat gigi kita menguning. Menurut laman Health Line, ada banyak faktor yang menyebabkan gigi menjadi kuning dan kurang bersinar.

Pengaruh makanan tertentu bisa menodai email gigi, lapisan terluar gigi. Selain itu, penumpukan plak gigi juga dapat membuat gigi tampak kuning dan terkesan kurang bersih. Masalah seperti ini biasanya bisa di atasi dengan obat pembersih dan pemutih gigi.

Namun, cara memutihkan gigi seperti itu bisa mengakibatkan lapisan email gigi terkikis. Akibat pengikisan ini, gigi bisa menjadi kuning karena jaringan di bawah lapisan email akan terlihat. Jaringan itu bernama dentin, jaringan bertulang kuning.

Lalu bagaimana cara memutihkan gigi tanpa harus mengikis lapisan email gigi? Berikut cara alaminya.

1 dari 5 halaman

Oil Pulling

Cara memutihkan gigi yang satu ini berasal dari cara tradisional orang India. Orang-orang India sejak dulu sudah mengenal oil pulling untuk kebersihan dan kesehatan mulut. Selain itu, orang-orang India percaya bahwa dengan oil pulling ini mampu mengeluarkan racun dalam tubuh, lho Sahabat Dream.

Orang India dulunya menggunakan bunga matahari atau minyak wijen untuk melakukan oil pulling. Namun, akhir-akhir ini penggunaan berbagai jenis minyak bisa digunakan, dan yang paling pouler adalah penggunaan minyak kelapa.

Cara Memutihkan Gigi© Shutterstock

Ternyata, minyak kelapa mengandung asam laurat yang baik digunakan untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri. Selain bermanfaat sebagai cara memutihkan gigi, ternyata melakukan oil pulling dengan minyak kelapa bisa membuat mulut dan gigi kita sehat juga, ya Sahabat Dream.

Cara melakukan oil pulling-pun mudah, cukup dengan mengoleskan minyak ke seluruh permukaan gigi selama kurang lebih 15 menit. Lakukan oil pulling secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2 dari 5 halaman

Menyikat Gigi dengan Baking Soda

Selain bisa digunakan untuk membuat kue, baking soda sudah dikenal bermanfaat untuk memutihkan gigi, bahkan sudah banyak digunakan sebagai campuran bahan oleh pada produsen pasta gigi.

Ditambah lagi, baking soda bisa memunculkan alkali di dalam mulut yang berguna sebagai penghambat pertumbuhan bakteri. Sebuah studi seperti yang dilansir dari Health Line, produk pasta gigi yang mengandung baking soda lebih efektif menghilangkan warna kuning pada gigi dibandingkan dengan produk pasta gigi biasa.

Cara Memutihkan Gigi© Shutterstock

Selain itu, dari 5 review penelitian juga menunjukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda juga mampu menghilangkan plak pada gigi secara lebih efektif dibandingkan dengan produk pasta gigi biasa.

Untuk membuat pasta gigi baking soda sendiri, Sahabat Dream bisa mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air. Penggunaan pasta gigi buatan ini bisa digunakan beberapa kali untuk menyikat gigi selama satu pekan.

3 dari 5 halaman

Hidrogen Peroksida

Di dalam mulut terdapat zat pemutih alami yang juga bisa membunuh bakteri di mulut lho Sahabat Dream, nama zat itu adalah Hidrogen Peroksida. Selain bisa memutihkan gigi secara alami, zat ini juga bisa digunakan untuk mencegah infeksi pada luka.

Sebuah studi menemukan, bahwa menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung hydrogen peroksida bisa membuat gigi lebih putih. Dan, apabila menyikat gigi dilakukan rutin 2 kali sehari selama enam minggu, gigi akan nampak lebih putih lagi.

Selain digunakan sebagai campuran dalam pasta gigi, zat ini juga sering dijadikan campuran produk obat kumur. Namun kita harus berhati-hati dalam menggunakan produk yang mengandung hydrogen peroksida ini, Sahabat Dream.

Cara Memutihkan Gigi© Shutterstock

Umumnya, kandungan hydrogen peroksida pada produk-produk yang beredar di pasaran adalah 3%. Dan, kita bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan pasta gigi biasan dengan hydrogen peroksida dan baking soda. Batasi penggunaan produk pasta gigi buatan, dan jangan digunakan setiap hari karena mampu mengikis lapisan email gigi.

4 dari 5 halaman

Menggunakan Cuka Apel

Cuka Apel akhir-akhir ini sering dimanfaatkan sebagai disinfektan dan produk pembersih yang alami. Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel menjadi bahan utama yang mampu membunuh kuman dan bakteri.

Ternyata, cuka apel ini juga bisa digunakan untuk membersikan mulut dan bisa jadi cara memutihkan gigi, lho Sahabat Dream. Sebuah penelitian menunjukan bahwa, selain bisa digunakan untuk memutihkan gigi, ternyata cuka apel juga bisa membuat gigi lebih lunak atau lembut.

Cara Memutihkan Gigi© Shutterstock

Pelunakan pada gigi ini juga diiringi dengan pengikisan lapisan email gigi, oleh sebab itu jangan menggunakan cuka apel terlalu sering untuk menyikat gigi.

Selain bisa digunakan untuk pengganti pasta gigi, cuka apel juga bisa digunakan untuk berkumur. Perlu diperhatikan nih Sahabat Dream, setelah pemakaian cuka apel, jangan lupa untuk berkumur lagi dengan air biasa ya.

5 dari 5 halaman

Memanfaatkan Buah dan Sayur

Selain bermanfaat sebagai sumber vitamin bagi tubuh, ternyata buah dan sayuran bisa kita manfaatkan untukmemutihkan gigi, lho Sahabat Dream.

Cara Memutihkan Gigi© Shutterstock

Cara memanfaatkannya adalah dengan menggosokan buah atau sayur langsung ke permukaan gigi kita. Cara ini bisa dilakukan saat kita pergi berkemah, di mana kita sulit menemukan sikat gigi, atau bisa juga saat kita dalam perjalanan jauh.

Ada beberapa buah yang bisa dimanfaatkan sebagai cara memutihkan gigi, seperti stroberi dan nanas. Keduanya mengandung asam malat dan bromelain yang mampu memutihkan gigi.

Selain dengan kelima cara memutihkan gigi tersebut, Sahabat Dream juga bisa memutihkan gigi dengan arang bamboo aktif, kulit buah dan memperhatikan makanan yang dimakan.
Menarik ya, Sahabat Dream. Berani coba?

Beri Komentar