8 Manfaat Jus Mangga, Kaya Nutrisi yang Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 25 Februari 2022 06:12
8 Manfaat Jus Mangga, Kaya Nutrisi yang Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh
Jus mangga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Dream – Mangga menjadi salah satu buah yang banyak digemari, baik anak-anak maupun orang dewasa. Buah tropis yang memiliki daging berwarna kuning, mengandung banyak air, serta rasanya yang manis ketika sudah matang, ini memang sangat menyegarkan. Bahkan tak sedikit orang yang memanfaatkan buah mangga untuk dijadikan berbagai olahan lezat, seperti puding, es krim, kue, manisan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, mangga juga biasanya dibuat menjadi minuman berupa jus mangga yang sangat menyegarkan jika diminum pada siang hari yang panas. Bahkan jus mangga ini tidak hanya menyegarkan, sahabat Dream. Ada banyak sekali manfaat jus mangga yang baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena buah mangga mengandung banyak nutrisi, seperti kandungan vitamin C, vitamin A, zat besi, potasium, karotenoid, dan asam organik yang kuat.

Adanya kandungan-kandungan itulah yang membuat jus mangga mampu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah, menjaga imun tubuh, hingga menyehatkan mata. Pembuatan jus mangga sendiri juga tergolong mudah dan simpel. Sahabat Dream bisa menemukan buah mangga di pasar maupun supermarket dengan harga yang terjangkau. Apalagi jika sudah tiba musimnya buah mangga.

Nah, bagi sahabat Dream yang penasaran apa saja manfaat jus mangga bagi kesehatan, berikut sebagaimana telah dirangkum dari merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Manfaat Jus Mangga bagi Kesehatan

Manfaat Jus Mangga bagi Kesehatan© Freepik.com

Mengatur Tekanan Darah

Manfaat jus mangga yang pertama adalah mampu mengatur tekanan darah karena adanya kandungan kalium di dalam jus mangga. Jus mangga juga bisa menurunkan ketegangan pada sistem kardiovaskular. Dengan begitu, seseorang bisa terhindar dari bahaya penyakit jantung dan stroke.

Menurunkan Kolesterol

Keberadaan kolesterol di dalam tubuh, apalagi kolesterol jahat sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Hal ini bisa menjadi pemicu datangnya berbagai masalah kesehatan yang lain. Nah, salah satu manfaat jus mangga adalah bisa menurunkan kolesterol.

Di mana buah mangga yang kaya akan vitamin C akan bertugas menurunkan kadar lipoprotein densitas rendah yang adalah kolesterol jahat. Bahkan jus mangga sangat ampuh untuk melindungi organ jantung dan mengurangi jumlah deposisi plak yang ada di pembuluh darah dan arteri.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jus Mangga bagi Kesehatan

Manfaat Jus Mangga bagi Kesehatan© Freepik.com

Meningkatkan Penglihatan

Manfaat jus mangga berikutnya adalah bisa meningkatkan penglihatan. Mengingat bahwa mata adalah organ yang sangat penting dalam mendukung segala aktivitas sehari-hari. Nah, untuk meningkatkan penglihatan sahabat Dream, maka jus mangga bisa menjadi minuman sehat yang kamu pilih.

Di dalam jus mangga terdapat kandungan karotenoid dan vitamin A yang sangat berpengaruh bagi kesehatan mata. Di mana vitamin A sendiri berperan sebagai antioksidan serta bisa menghilangkan stress oksidatif di retina. Kemudian juga bisa mengurangi degenerasi makula serta terjadinya perkembangan katarak.

Meningkatkan Pencernaan

Selain menyehatkan mata, manfaat jus mangga juga bisa untuk meningkatkan pencernaan. Bagi seseorang yang mengalami sembelit, maka bisa mengatasinya dengan mengonsumsi jus mangga. Jus ini memiliki fungsi sebagai pencahar dengan jumlah yang sedang. Bahkan dengan mengonsumsi jus mangga bisa membantu pergerakan tinja menjadi lebih mudah, menjadi pelumas bagi pencernaan, dan meredakan kembung, kram, serta sakit perut.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jus Mangga bagi Kesehatan

Manfaat Jus Mangga bagi Kesehatan© Freepik.com

Mengelola Diabetes

Di dalam buah mangga terdapat gula alami yang sangat baik untuk tubuh. Di mana gula alami tersebut berperan untuk membantu mengatur gula darah, karena dalam mencerna gula sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama.

Selain itu, gula alami dalam buah mangga juga mampu untuk mencegah lonjakan serta penurunan glukosa yang berbahaya bagi penderita diabetes. Namun harus sahabat Dream ketahui juga, bahwa mengonsumsi jus mangga juga jangan terlalu banyak. Hal ini bisa membuat gula darah di dalam tubuh mengalami kenaikan.

Meningkatkan Imun Tubuh

Imunitas tubuh sangatlah penting untuk menjadi benteng agar tubuh dihindarkan dari segala macam penyakit yang menyerang. Oleh karena itu, sahabat Dream haruslah menjadi imunitas dengan sebaik mungkin, salah satunya dengan mengonsumsi jus mangga. Dalam satu porsi jus mangga, hal ini tergantung dengan jenis mangga yang sahabat Dream gunakan, maka bisa memberikan 60 hingga 80 persen kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C sendiri adalah vitamin yang sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Yang mana akan merangsang produksi sel darah putih dan akan bekerja sama dengan antioksidan lainnya yang ampun dalam mencegah penyakit kronis.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jus Mangga bagi Kesehatan

Manfaat Jus Mangga bagi Kesehatan© Freepik.com

Meredakan Keasaman

Manfaat jus mangga selanjutnya adalah meredakan keasaman. Hal ini karena jus mangga bersifat basa yang memiliki pH lebih tinggi dari tujuh serta mampu menyeimbangkan tingkat keasaman di usus. Jika kondisi perut terlalu asam, maka bisa menyebabkan penyakit refluks asam dan buruknya penyerapan nutrisi. Sehingga jus mangga bisa menjadi minuman yang tepat untuk menjaga keseimbangan pH di dalam tubuh.

Sebagai Anti Kanker

Manfaat jus mangga yang tak kalah hebat adalah sebagai anti kanker. Hal ini pun telah dilakukan penelitian oleh Texas A&M University, AS yang membuktikan bahwa varietas mangga seperti Haden dan Ataulfo bersifat antikarsinogenik yang ampuh dalam menghambat pertumbuhan beberapa jenis kanker. Seperti kanker payudara, paru-paru, prostat, dan usus besar.

Bahkan dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 menemukan bahwa ada kandungan nutrisi di dalam jus mangga yang terdapat senyawa fenolik untuk membantu menurunkan risiko penyakit kanker.

Beri Komentar