Ini Dampaknya Bila Tubuh Kekurangan Cairan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 24 Mei 2022 10:35
Ini Dampaknya Bila Tubuh Kekurangan Cairan
Dampaknya bisa mengganggu aktivitasmu, lho.

Dream - Suhu udara mengalami perubahan drastis beberapa waktu terakhir. Terkadang, udara terasa sangat panas dan tiba-tiba berubah menjadi dingin.

Perubahan suhu yang signifikan bisa membuat tubuhmu kekurangan cairan. Terutama, jika kamu beraktivitas saat cuaca terasa cukup panas.

Kekurangan cairan tubuh merupakan kondisi yang tidak bisa disepelekan. Kamu harus selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk bisa mempertahankan kondisi metabolisme serta daya tahan. Sehingga, tubuhmu tidak akan mudah terserang penyakit dan tetap berenergi selama beraktivitas.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh pun tidak sulit. Kamu hanya perlu minum air cukup serta mengonsumsi makanan yang kaya akan cairan, seperti timun dan semangka. Selain itu, kamu juga perlu peka akan sinyal tubuh ketika sedang mengalami dehidrasi. Berikut beberapa sinyal tubuh yang dehidrasi dikutip dari unggahan Dokter Kulit, Arthur Simon.

1 dari 3 halaman

1. Ingin Mengonsumsi Makanan Manis

Mengonsumsi Makanan Manis© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Siapa sangka keinginan mengonsumsi makanan manis bisa jadi pertanda tubuh sedang dehidrasi. Ternyata ketika dehidrasi, liver akan lebih sulit mengubah simpanan gula dalam tubuh menjadi gula siap pakai.

" Jadi, kadar gula/glukosa di darah kamu juga jadi berkurang dan kamu jadi pengen yang manis-manis," jelas Arthur. Maka dari itu, cobalah minum air yang cukup ketika ingin mengonsumsi makanan manis.

Selain merasa lebih kenyang dan terhidrasi, kamu juga bisa mencegah kenaikan berat badan akibat mengonsumsi makanan manis.

2 dari 3 halaman

2. Mata Kering

Mata Kering© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Mata kering tidak hanya disebabkan oleh durasi melihat ponsel, TV, atau monitor saja. Kamu juga bisa mengalami mata kering akibat kekurangan cairan tubuh.

Pasalnya ketika dehidrasi, produksi air mata pun berkurang. Akibatnya, matamu akan lebih kering, perih, dan mudah iritasi.

3 dari 3 halaman

3. Bau Mulut

Bau Mulut© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Ketika kekurangan cairan, air liur pada mulut pun akan berkurang. Kondisi ini akan menyebabkan bakteri yang bersarang pada mulut. Sehingga, mulutmu bisa memunculkan bau yang kurang sedap.

Terutama, jika kamu jarang menjaga kebersihan gigi dan mulut atau mengonsumsi makanan maupun minuman tertentu. Jadi selain menjaga kebersihan dan kesehatan area mulut, pastikan juga kamu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Beri Komentar