Wafat Kala Tunggu Antrean Kuota Haji, Berdosakah?

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 13 Juli 2018 07:01
Wafat Kala Tunggu Antrean Kuota Haji, Berdosakah?
Haji hukumnya wajib bagi Muslim yang mampu.

Dream - Tidak ada satupun Muslim yang membantah haji adalah wajib. Artinya, ibadah ini harus dijalankan.

Tetapi, tidak semua Muslim sanggup menjalankannya mengingat pelaksanaan haji harus di Tanah Suci yang membutuhkan biaya besar dan kemampuan fisik prima.

Sehingga, terdapat rukhshah atau keringanan bagi mereka yang tidak sanggup baik secara finansial maupun fisik dan jiwa. Namun begitu, para ulama melarang seseorang secara sengaja berniat untuk tidak berhaji.

Di Indonesia, seorang Muslim harus menunggu antrean yang sangat lama untuk bisa berangkat haji. Tentu, masa menunggu tersebut membuat usia semakin berkurang dan berpengaruh pada kondisi fisik.

Tidak menutup kemungkinan seseorang yang dalam masa tunggu haji meninggal. Terkait hal ini, apakah orang tersebut berdosa?

Dikutip dari NU Online, haji merupakan ibadah wajib bagi setiap Muslim yang mampu. Bahkan dalam Surat Ali Imron ayat 97, Allah menyatakan tidak membutuhkan mereka yang mengabaikan kewajiban ibadah haji.

" Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam,"

Sementara terkait calon jemaah haji meninggal saat menunggu antrean, para ulama sepakat menyatakan orang yang bersangkutan tidak berdosa. Sebab, calon jemaah itu termasuk belum istitha'ah atau mampu berhaji.

Pendapat ini didasarkan pada pandangan Syeikh Abdul Wahab As Sya'rani dalam Al Mizanul Kubra.

" Para ulama sepakat bahwa orang yang sudah berkewajiban haji, lalu belum melakukannya dan mati sebelum berkemungkinan melakukannya, maka kewajiban haji itu gugur darinya."

Pendapat ini mengatakan mereka meninggal saat menunggu giliran berangkat ke Tanah Suci tidaklah berdosa. Sementara kita dianjurkan untuk mendoakan agar niat mereka berhaji diterima Allah SWT.

Selengkapnya...

 

Beri Komentar
5 Alasan Ketum PSSI Mesti Mundur Versi Warganet