4 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Bau Badan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 26 Maret 2020 06:36
4 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Bau Badan
Perhatikan jumlah konsumsinya.

Dream - Bau badan bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya makanani. Kamu perlu memerhatikan makanan apa yang menyebabkan bau badan.

Dilansir oleh laman Miss Kyra, berikut makanan dan minuman yang bisa menyebabkan bau badan.

Alkohol

 Alkohol© Shutterstock.com

Bau alkohol akan keluar dari tubuh seseorang setelah meminum dalam jumlah banyak. Ini merupakan reaksi tubuh untuk mengeluarkan alkohol yang telah dikonsumsi sebelumnya.

Tubuh berusaha mengeluarkan alkohol dari pernafasan dan keringatmu. Jadi, hindari konsumsi alkohol agar tidak menyebabkan bau badan.

Bumbu Dapur

 Bumbu Dapur© Shutterstock.com

Rasa pedas mampu meningkatkan cita rasa. Oleh karena itu, banyak orang yang menambahkan bumbu pedas untuk membuat makanan lebih menggugah selera.

Tapi bumbu dapur, seperti cabai, lada, kunyit maupun jintan dapat meningkatkan suhu tubuh dan menimbulkan bau badan. Pastikan untuk memerhatikan konsumsi bumbu dapur agar tidak menyebabkan bau badan.

Terlalu Banyak Menggunakan Sabun

 Alat Mandi© Shutterstock.com

Menggunakan terlalu banyak sabun tidak akan membuat tubuhmu lebih harum. Beberapa produk bersifat agresif dan bisa mengganggu kondisi kulit yang menghilangkan bakteri pelindung. Gunakan sabun secukupnya agar tubuhmu tetap harum.

Sayuran Berbau Tajam

 Sayuran© Shutterstock.com

Sayuran, seperti kubis, brokoli dan kembang kol memiliki bau yang tajam ketika dimasak. Ketiga sayuran tersebut kaya sulfur yang bisa menimbulkan bau badan.

Perhatikan konsumsi sayur berbau tajam dan campur dengan jenis sayuran lainnya agar terhindar dari bau badan.

1 dari 7 halaman

Tips Hilangkan Bau Badan ala Rumahan

Dream - Bau badan bisa jadi alasan orang menjauh dan menghindar dari kamu. Hal ini tidak bisa disepelekan begitu saja, kamu perlu atasi secepatnya.

Ya, kita tahu bahwa penyebab bau badan didominasi dengan air keringat yang diproduksi oleh tubuh.

Selain itu, konsumsi makanan juga bisa jadi faktor penyebab bau badan yang berlebih. Ketika air keringat bercampur dengan bakteri tubuh secara cepat, mereka berkolaborasi menghasilkan aroma tak sedap.

  ilustrasi bau badan© shutterstock.com

Aroma-aroma itu akan timbul di bagian yang cenderung menghasilkan keringat.

Dilansir dari Thehealthsite.com, apapun alasannya, solusi-solusi yang dapat kamu lakukan di rumah ini dapat membantu menghilangkan bau badan yang kurang sedap.

2 dari 7 halaman

Mandi setidaknya dua kali sehari

Ini akan menghilangkan keringat dan bakteri pada kulit kamu. Bersihkan ketiak kamu dengan sabun batang anti-bakteri.

  ilustrasi mandi© shutterstock.com

Gosok lemon pada ketiak

Lemon dapat mengubah tingkat pH kulit kamu dan membuatnya lebih asam. Bakteri tidak dapat bertahan hidup di lingkungan yang sangat asam.

3 dari 7 halaman

Oleskan tea tree oil

Minyak tersebut memiliki aroma enak dan mampu membunuh bakteri. Lakukan tes patch pada kulit terlebih dulu untuk memastikan minyak tersebut tidak mengiritasi kulit kamu.

  ilustrasi tea tree oil© shutterstock.com

Gunakan essentials oil

Minyak atsiri seperti lavender, pinus dan peppermint dapat melawan bakteri yang menyebabkan bau. Beberapa orang memiliki reaksi kulit terhadap minyak tertentu. Lakukan juga tes patch saat hendak menggunakan minyak ini.

4 dari 7 halaman

Makan sayuran hijau

  ilustrasi sayuran hijau© shutterstock.com

Tambahkan sayuran hijau seperti bayam, lobak, dan kangkung ke dalam menu kamu. Sayuran tersebut kaya akan klorofil, yang memiliki efek penghilang bau yang kuat di tubuhmu.

Laporan: Raissa Anjanique

5 dari 7 halaman

Cara Menjaga Kebersihan Pernafasan dari Tertular Corona

Dream - Menyebarnya virus corona baru, Covid-19, yang sudah mewabah ke 163 negara di dunia membuat semua orang mencoba cara terbaik untuk melindungi diri mereka dari penularannya.

Semua orang berusaha menggunakan masker, pembersih tangan, atau mencuci tangan dengan sabun setiap kali selesai beraktivitas.

Tetapi tak banyak yang menyadari upaya pencegahan dari virus ini adalah dengan memperhatikan kebersihan pernafasan.

   ilustrasi flu© shutterstock

Diketahui virus corona menyebar melalui transmisi cairan infeksius dari satu orang ke orang lain. Penting untuk kamu menghindari sumber penyebarannya sendiri.

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa cara mempraktekkan kebersihan pernafasan dan menghindari penyebaran infeksi.

6 dari 7 halaman

1. Tutup mulutmu

Selalu tutup mulut saat bersin atau batuk. Cara terbaik untuk menutup mulut adalah dengan siku yang tertekuk.

Hindari menggunakan sapu tangan karena menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan virus karena COVID-19 menyebar melalui cairan.

   ilustrasi tutup mulut© shutterstock

2. Gunakan tisu

Selalu bawa tisu setiap kali kamu keluar rumah. Bersin atau batuk dengan tiau, dan buang di tempat yang aman.

Menggunakan tisu adalah pilihan yang lebih baik daripada sapu tangan, karena tisu dapat digunakan dan dibuang dengan mudah, sehingga mampu mencegah bakteri/virus menyebar.

Namun kamu harus pastikan setelah membuang tisu bekas, kamu harus selalu mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan pembersih untuk membersihkan kotoran atau kuman.

3. Jaga jarak

Setiap kali seseorang batuk atau bersin, akan ada cairan keluar dari mulut atau hidung mereka yang mungkin mengandung virus.

Jika kamu berdiri dekat dengan orang itu, ada kemungkinan tertular virus saat cairan tersebut mengenai kamu, dan membuat kamu sakit.

   ilustrasi© shutterstock

Cara terbaik untuk menghindari situasi ini adalah menjaga jarak minimal semeter dari siapa pun di tempat yang ramai.

Jika kamu menderita batuk atau pilek, kamu harus mengenakan masker untuk menghindari penyebarannya.

7 dari 7 halaman

4. Hindari menyentuh mulut dan hidung

Tangan kita seringkali menyentuh bagian wajah, termasuk mulut dan hidung. Tanpa kita sadari, menggosok mata dan menyentuh hidung dengan tangan-tangan yang kotor.

Ketiga celah ini adalah cara termudah bagi virus untuk memasuki tubuh kamu.

   Ilustrasi hijaber© shutterstock

Untuk melindungi diri dari COVID-19, kamu harus secara sadar menghindari menyentuh mulut, hidung, atau mata.

Cuci tangan secara berkala sepanjang hari. Hindari pergi ke tempat-tempat yang ramai dan cobalah dikarantina selama beberapa hari untuk menjaga diri kamu.

(Laporan: Raissa Anjanique)

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya