Ini Sebabnya Kamu Sering Terbangun di Malam Hari

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 20 Februari 2020 07:36
Ini Sebabnya Kamu Sering Terbangun di Malam Hari
Kamu sering alami itu?

Dream - Terbangun di malam hari merupakan hal normal dialami tiap orang. Kita mengalami beberapa tahap yang berbeda ketika tidur.

Setiap tahapnya memakan waktu sekitar 90 menit dan semakin cepat saat mendekati pagi. Biasanya, seseorang akan tertidur kembali tanpa sadar sempat terbangun sebelumnya.

Namun di beberapa saat, kita sadar telah terbangun dan bahkan memiliki kesadaean penuh.

Biasanya, ini disebabkan suhu tubuh yang terlalu panas atau dingin, ingin buang air, mimpi buruk maupun masalah kesehatan lainnya.

 

1 dari 5 halaman

Minum kopi?

Umumnya, seseorang tidak tidur sepanjang malam. Setidaknya, kamu terbangun sebanyak 5-7 kali dalam kondisi normal.

Hal terpenting adalah apa yang dirasakan ketika terbangun di pagi hari. Apakah kamu merasa segar atau gelisah selama 30 menit setelah bangun tidur?

Itu bisa jadi karena perubahan gaya hidup yang cukup signifikan. Kafein juga bisa menjadi penyebab kurangnya kualitas tidur di malam hari.

 ilustrasi kopi© shutterstock.com

Jika tidak ingin mengalami efek kafein, hindari konsumsinya sekitar jam 2-3 siang. Konsumsi air minum juga memengaruhi kualitas tidur.

Setelah mengetahui apa yang bisa memengaruhi kualitas tidur, kamu akan mampu mengatasi kesulitan beristirahat di malam hari.

2 dari 5 halaman

Lakukan Gerakan Ini Jelang Tidur, Rasakan Efek Dahsyatnya

Dream - Mencari waktu untuk berolahraga bagi Sahabat Dream yang sibuk, pasinya sangat sulit. Ada banyak cara untuk menyiasati, salah satunya adalah dengan memanfaatkan waktu di malam hari, terutama menjelang tidur.

Cukup sediakan waktu selama 15 hingga 20 menit untuk melakukan latihan ringan. Tak perlu di pusat kebugaran, Sahabat Dream bisa melakukannya di kamar, yaitu gerakan push up.

Push up merupakan olahraga yang bertumpu pada sebuah gerakan sederhana yang dilakukan dengan tujuan untuk membentuk otot perut. Dengan gerakan yang benar, push up dapat membuat otot perut semakin kuat dan kalori terbakar sempurna.

Push up rutin juga merupakan cara efektif untuk melatih kebugaran. Berikut efek dahsyat push up yang harus kamu ketahui.

3 dari 5 halaman

Cegah cedera bahu dan punggung bawah

Manfaat push up sebelum tidur yang pertama adalah dapat mencegah cedera bahu dan punggung bawah. Push up yang dilakukan secara rutin bisa membuat kamu terhindar dari kasus cedera secara efektif. Gerakan push up akan membuat otot-otot tubuh menjadi stabil.

  basic push up© blog.fitbit.com

Selain itu, push up juga akan mendukung kekuatan otot primer dan sekunder yang ada pada bahu dan punggung bawah. Otot-otot primer dan sekunder akan mencegah terjadinya cedera atau mengurangi efek cedera pada bahu dan punggung bawah.

4 dari 5 halaman

Perbaiki postur tubuh

Tubuh ideal merupakan dambaan semua orang. Hal itu bisa membuat kepercayaan diri seseorang semakin meningkat ketika bertemu dan berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itulah, bila ingin memiliki tubuh ideal haruslah berusaha lebih keras agar keinginan itu dapat terwujud.

  © Dream

Untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal ini juga merupakan manfaat push up sebelum tidur. Melakukan olahraga ini dengan teratur dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat, sehingga juga berpengaruh pada perkembangan postur tubuh yang juga semakin baik.

5 dari 5 halaman

Membentuk otot tubuh bagian atas

Gerakan push up lebih banyak menggunakan otot bagian atas tubuh, yaitu triceps (otot bagian luar lengan atas) dan dada. Meski hanya fokus pada tubuh bagian atas, push up juga dapat memperkuat bagian tubuh lainnya.

Saat kamu melakukan gerakan push up yang benar, maka otot-otot lain, termasuk otot perut, punggung, dan tungkai akan ikut aktif. Hal ini menjadi salah satu manfaat push up sebelum tidur yang bisa kamu dapatkan.

Meningkatkan mood keesokan hari

Banyak penelitian membuktikan bahwa ketika kamu terbiasa push up sebelum tidur, maka pada saat bangun tidur keesokan harinya, suasana hati akan terasa lebih bahagia. Kamu akan semakin semangat dalam menjalankan aktivitas keesokan harinya.

Simak efek push up-nya lainnya di Diadona.id

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'