Kabar Buruk, Berat Badan Bisa Naik Drastis Saat Stres

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 20 September 2019 09:12
Kabar Buruk, Berat Badan Bisa Naik Drastis Saat Stres
Usahakan untuk mengontrol level stres.

 

Dream - Menyelesaikan deadline pekerjaan, menghadapi macet, belum lagi masalah pribadi yang datang bersamaan pastinya akan membuatmu stres serta kelelahan secara fisik. Hal ini tak boleh dibiarkan.

Pasalnya, stres yang berkepanjangan bisa menyebabkan penyakit serius, bahkan dapat membahayakan kesehatan mental. Tak hanya itu, stres juga bisa merusak usahamu menurunkan berat badan.

Beberapa orang sampai mengalami kenaikan berat badan secara drastis saat stres. Mungkin Sahabat Dream merasa bingung, karena biasanya stres membuat nafsu makan dan tubuh jadi kurus. Ternyata tak selalu demikian.

Berikut alasan mengapa stres berbahaya bagi kesehatan tubuh dan mempersulit penurunan berat badan.

1 dari 5 halaman

Makan Berlebihan

 Meningkatnya Nafsu Makan Berlebih

Banyak orang yang mengatasi stres dan mencari kenyamanan dengan makanan. Ini terjadi karena stres memicu pelepasan hormon seperti adrenalin dan kortisol.

Ketika tingkat stres meningkat, tubuh menghasilkan lebih banyak hormon-hormon ini. Adrenalin mempersiapkan tubuh kita untuk bertindak dan mengurangi keinginan kita untuk makan.

Setelah efek adrenalin berkurang, kortisol mengambil alih. Kelebihan kortisol dalam sistem dapat meningkatkan keinginan untuk makanan yang tidak sehat. Jika dituruti, emotional eating ini bisa berbahaya jika tidak memperhatikan asupan kalori.

2 dari 5 halaman

Sulit Tidur

 3 Cara Mudah Atasi Si Insomnia

Saat stres, secara otomatis kita akan merasa sulit untuk tidur di malam hari. Kurang tidur membuatmu merasa kesal dan lelah. Hal itu menyebabkan kamu tidak berolahraga dan emotional eating yang tidak baik ketika sedang mencoba mengurangi berat badan.

3 dari 5 halaman

Merusak Metabolisme

 Rahasia Turunkan Berat Badan di Pagi Hari

Sesuai penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Ohio State University pada 2015, stres dapat memperlambat metabolisme pada wanita. Stres juga dapat meningkatkan kadar insulin yang mengarah pada penyimpanan lemak di daerah perut. Jadi walaupun pola makanmu benar, tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Stres

Stres adalah bagian dari kehidupan sehari-hari dan tidak mudah untuk menghilangkannya. Tetapi jika kamu ingin menurunkan berat badan maka penting untuk mengatasinya. Berikut beberapa cara efektif mengatasi stres:

Berolahraga Setiap Hari

 Olahraga Kecil Atasi Ketegangan Otot Saat Bekerja

Berolahraga adalah cara terbaik untuk tetap bugar, baik secara fisik maupun mental. Ini dapat membantu mengelola stres dan menurunkan berat badan. Kamu bisa melakukan yoga atau berjalan-jalan. Manjakan diri dalam aktivitas fisik apapun yang membuatmu bahagia.

5 dari 5 halaman

Berpikir Positif

 Remaja

Setiap hari ketika bangun pagi, pikirkan sesuatu yang membuatmu merasa lebih baik, seperti membaca, bernyanyi atau bertemu teman-teman. Cobalah untuk menghabiskan waktu bersama anak, bermain dengan mereka atau pergi keluar. Semua hal tersebut akan membantu mencegah stres.

Sumber: Times of India

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie