Kebiasaan Cuci Tangan Bisa Cegah Kanker Serviks

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 14 Februari 2019 11:43
Kebiasaan Cuci Tangan Bisa Cegah Kanker Serviks
Ini pentingnya cuci tangan, Sahabat Dream!

Dream - Cuci tangan merupakan salah satu aktivitas yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Sejak kecil, para orangtua atau guru pasti mengajarkan untuk rajin mencuci tangan.

Bahkan, tak sedikit iklan di televisi bertebaran untuk menunjukkan pentingnya mencuci tangan. 

Tapi, sampai saat ini masih sangat banyak yang mengabaikan kebiasaan hal tersebut karena dampaknya tidak begitu terlihat.

Padahal, penyebaran penyakit dari tangan atau sentuhan bisa terjadi akibat kuman dan virus yang berasal dari tangan.

Tahukah kamu bahwa kebiasaan buruk tersebut bisa menyebabkan penyakit kanker serviks?

 shutterstock

 

" Penyebaran kanker serviks itu dari pengaruh seksual dan non seksual. Kalau non seksual itu bisa diakibatkan tangan atau WC yang kotor misalnya," kata Spesialis Obstetri dan Ginekologi, Andrijono di Penang Bistro, Jakarta Pusat, Rabu 13 Februari 2019.

Walaupun penularan non seksual hanya berdampak 10 sampai 20 persen, tapi hal itu bisa berdampak besar karena virus penyebab kanker serviks (HPV atau human papilloma virus) sangat sulit dibunuh.

Bahkan dengan mensterilkan barang menggunakan alkohol kurang mempan.

" Mensterilkan barang dengan alkohol, virus HPV nggak akan mati. Dia cuma nggak akan berkembang saja dan nantinya akan hidup lagi. Virus HPV sangat persisten dan kuat sekali. Sering cuci tangan saja," ujarnya.

 shutterstock

Parahnya lagi, kanker serviks tidak dapat dikontrol dengan gaya hidup sehat. " Gaya hidup tidak berpengaruh karena kankernya disebabkan oleh virus yang menyebar," kata Andrijono.

Yang bisa dilakukan adalah melakukan screening, vaksin, pap smear dan HPV test.

" Pencegahan pertamanya adalah vaksin HPV terlebih dulu. Vaksinnya nonviral jadi nggak ada efek sampingnya. Pencegahan sekunder dengan pap smear dan HPV test. Lalu kalau sudah terkena virusnya, dijaga agar kondisinya tidak lebih parah," pungkasnya. (ism)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie