Manfaat Buah Mangga untuk Wajah, Diet, dan Kesehatan Ibu Hamil

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Jumat, 27 Desember 2019 17:43
Manfaat Buah Mangga untuk Wajah, Diet, dan Kesehatan Ibu Hamil
Mangga memiliki berbagai macam manfaat untuk wajah, diet dan juga kesehatan bagi ibu hamil

Dream - Buah tropis yang sangat populer ini banyak tumbuh di Indonesia. Ketika musim mangga tiba, harganya bisa sangat murah ditemukan di suduh-sudut jalan.

Mangga memiliki berbagai jenis yang tumbuh di Indonesia, seperti manalagi, harum manis, apel dan kweni. Buah yang berasal dari India ini ditemukan pada 25-30 juta tahun yang lalu.

 Es Teh Mangga, Segarkan Dahaga Saat Buka Puasa© Khidr Al-Zahrani

 

Buah mangga pada akhirnya tersebar di seluruh Dunia berkat para pedagang Eropa yang membawa buah dan bijinya untuk diperdagangkan di Benua lain.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

 © Dream

Banyak sekali olahan makanan yang berbahan dasar mangga. Bisa berupa puding mangga, salad buah mangga, dan juga jus mangga. Tak hanya enak dikonsumsi, manfat mangga juga sangat baik untuk ibu hamil.

Mencegah morning sickness

Perasasn mual di pagi hari pada ibu hamil merupakan hal yang wajar. Namun perasaan seperti itu pastinya menganggu kesehatan dan kenyamanan ibu. Vitamin B6 pada mangga dapat membantu mengurangi gejala morning sickness seperti mual dan muntah.

Mendukung perkembangan janin

Manfaat buah mangga selanjutnya yaitu dapat membantu perkembangan janin. Sebab, mangga mengandung asam folat yang baik utnuk pembentukan otak dan sum-sum tulang belakang pada janin. Selain itu juga bisa mencegah janin terlahir prematur.

Menyeimbangkan cairan tubuh

Saat hamil, ibu akan membutuhkan cairan tubuh yang lebih banyak dari biasanya. Ibu hamil sangat rentan mengalami dehidrasi. Nah, kandungan elektrolit pada buah mangga mampu menjaga keseimbangan cairan tubuh sehingga kerja jantung, otak, dan otot dapat berjalan baik dan lancar.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

 © Dream

Mangga mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A dan vitamin C. Sehingga sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Manfaat buah mangga bisa kamu dapatkan jika kamu rutin mengkonsumsi mangga baik secara langsung ataupun diolah menjadi berbagai macam makanan.

Mencegah penyakit stroke

Mangga dapat diolah menjadi jus yang bisa mencegah penyakit stroke. Hal ini disebabkan oleh kalium yang terkandung pada buah mangga sehingga dapat mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mangga mengandung vitamin A, vitamin C serta 25 jenis karotin yang berbeda. Sehingga manfaat buah mangga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan kuat.

Meningkatkan kesehatan mata

Mangga mengandung 25 persen kebutuhan vitamin A harian untuk mata manusia. Manfaat buah mangga yang satu ini dapat mencegah pandangan kabur pada malam hari dan juga mencegah mata menjadi kering

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Mangga untuk Diet

 © Dream

Mengandung serat yang tinggi memebuat mangga baik dikonsumsi bagi kamu yang sedang melaksanakna diet. Sebab, mangga dapat mengenyangkan dan juga membantu proses dietmu untuk mendapat berat badan yang ideal.

Membakar kalori

Tak banyak orang tua, ternyata manfaat buah mangga bisa membakar lemak pada tubuh. buah yang memiliki banyak serat ini, mampu memperlancar pencernana juga dan memenuhi kebutuhan vitamin tubuh.

Menjaga berat badan

Kulit mangga mengandung fitokimia yang dapat menghilangkan lemak secara alami. Selain itu, daging buahnya dipenuhi serat yang dapat memunculkan rasa kenyang. Jadi setelah mengkonsumsi mangga, kamu akan merasa kenyang dalam waktu yang lama. Hal ini akan membantunmu untuk mencegah makan berlebih.

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat tinggi pada mangga dapat memperlancar pencernaan dan mencegah perut buncit. Makanan yang menumpuk pada usus bisa menyebabkan perut buncit ketika tidak dikeluarkan.

4 dari 4 halaman

Apa Manfaat Buah Mangga

 © Dream

Mangga kaya akan antioksidan sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu mangga juga baik dikonsumsi oleh orang dengan diabetes. Walaupun rasanya manis, ternyata mangga memiliki indeks glikemik yang rendah.

Mencegah kanker

Penelitian membuktikan bahwa mangga dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan astragalin, asam gallic, quercetin, methylgallat dan juga isoquercitrin yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker pasa tubuh.

Mengurangi kolestrol

Kandungan vitamin C pada mangga menyebabkan manfaat buah mangga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Buah ini merupakan buah yang kaya akan kalium. kalium pada buah manga sangat dibutuhkan untuk menyeimbangkan sel cairan tubuh agar dapat mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

Baik untuk orang dengan diabetes

Rasa manis pada buah mangga ini sering kali membuat orang khawatir apakah mangga bisa dikonbsumsi oleh orang dengan diabetes. Ternyata indeks glikemik pada buah mangga ini antara 41 sampai 60, dengan rata-rata 51. Dimana, indeks glikemik kurang dari 55 dianggap makanan glikemik rendah.

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup