Mengapa Selalu Muncul Sakit Kepala Saat Datang Bulan?

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 28 April 2019 08:01
Mengapa Selalu Muncul Sakit Kepala Saat Datang Bulan?
Ternyata hal ini jadi biang keladinya.

Dream - Bagi kaum hawa, datang bulan berarti harus siap menghadapi sederet keluhan. Kram perut, sakit pinggang, perut kembung, lemas, mood berantakan, dan yang juga sering muncul adalah sakit kepala.

Sebuah penelitian bahkan mengungkap kalau sebanyak 71% perempuan yang sedang haid berisiko terserang sakit kepala menjengkelkan selama 2 hari di masa haid. Sahabat Dream kerap mengalaminya?

Jika iya, mungkin muncul pertanyaan mengapa haid bisa sampai memicu sakit kepala. Ellen Vora, seorang psikiater dan ahli kesehatan perempuan, mengungkap pemicu utamanya adalah hormon.

" Perubahan hormon mempengaruhi segalanya, termasuk kecenderungan pembuluh darah mengerut atau melebar, yang dapat berdampak pada sakit kepala," katanya, seperti dikutip dari Huffingtonpost.

1 dari 1 halaman

Level Estrogen Jadi Biang Keladi

Ia juga mengungkap bahwa estrogen secara khusus memainkan peran besar dalam sakit kepala. Sakit kepala dapat dipicu oleh kelebihan estrogen.

" Selama fase luteal- minggu-minggu menjelang menstruasi- estrogen meningkat dan ini akan membuat sakit kepala terasa sangat menyiksa," ungkap Vora.

Alasan Wanita Diperbolehkan Tidak Puasa Saat Haid© MEN

Kondisi ini tidak dihindari, tapi setidaknya level 'menyiksa' dari sakit kepala bisa dihindari.

Caranya adalah dengan memperbaiki pola makan. Jelang haid, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan dan avokad.

Pilih makanan yang memiliki level magnesium tinggi. Makanan tersebut terbukti bisa membantu mengurangi frekuensi atau keparahan sakit kepala.

Selamat mencoba, Sahabat Dream! (ism)

Beri Komentar