4 Tips Melatih Rasa Cinta Pada Diri Sendiri

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 26 Januari 2022 17:12
4 Tips Melatih Rasa Cinta Pada Diri Sendiri
Seberapa pentingkah kita mencintai diri sendiri?

Dream - Pemakaian media sosial seringkali membuat seseorang mudah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Akhirnya, tidak sedikit orang yang merasa kurang pantas dan tidak mencintai diri sendiri.

Padahal, mencintai diri sendiri merupakan hal penting untuk bisa merasa tenang dan nyaman dalam segala situasi. Meski penting, namun pada dasarnya, mencintai diri sendiri bukanlah hal yang mudah untuk diterapkan.

Pasalnya, setiap orang pasti pernah merasa sedih, marah, atau hal negatif lainnya. Oleh karena itu, kemampuan untuk mencintai diri sendiri harus dilatih agar bisa dipertahankan.

Berikut beberapa hal yang disarankan oleh Psikolog Klinis, Inez Kristanti, untuk melatih kemampuan mencintai diri sendiri.

1 dari 3 halaman

1. Mendengar kebutuhan diri sendiri

Menulis Jurnal© Shutterstock

Mengetahui kebutuhan diri sendiri merupakan kemapuan yang tidak banyak disadari oleh seseorang. Itulah sebabnya cukup banyak orang yang menjalani hidup kurang sehat.

Padahal, fisik dan mental diri sendiri perlu dipenuhi kebutuhannya. Jika tidak, hal tersebut bisa mengakibatkan berbagai dampak buruk, seperti kurangnya produktivitas.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami kebutuhan diri sendiri secara fisik dan mental agar bisa hidup lebih teratur. Kamu bisa memulainya dengan menata jadwal kegiatan atau menjalani pola hidup lebih sehat.

2 dari 3 halaman

2. Berani berkata tidak

Tidak sedikit orang yang kesulitan berkata tidak atau menolak sesuatu dari orang lain. Jika menjadi kebiasaan, kamu tidak akan bisa memilih hal yang baik untuk dirimu sendiri dan dapat berdampak lebih buruk pada orang lain.

" Berani berkata tidak bukan berarti jadi orang yang jahat. Orang yang baik tahu kapasitas dan bisa menjaga dirinya sendiri. Jadi, dia bisa kasih orang lain hal yang sesuai dengan kapasitasnya," ujar Inez dalam acara BincangShopee 2.2 COD Sale 'Self Love: Awali dari Diri Sendiri', Rabu 26 Januari 2022.

Untuk bisa berkata tidak dan menolak dengan cara lebih baik, kamu dapat menyampaikannya secara asertif. " Asertif beda dengan agresif yang menyinggung atau kasar. Asertif itu sopan dam tegas" .

Misalnya, kamu bisa meminta maaf terlebih dulu sebelum menolak sesuatu dan berkata tidak. Lalu, pahami situasi dan permintaan lawan bicara. Selanjutnya, kamu bisa memberikan opsi dan solusi lain untuk membuat lawan bicara tidak kecewa.

3 dari 3 halaman

3. Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Me Time© Shutterstock

Jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri. Biasanya, hal ini seringkali dialami oleh ibu yang telah memiliki buah hati. Padahal, sebenarnya waktu untuk diri sendiri tidak harus berlangsung cukup lama.

Kamu bisa meluangkan waktu beberapa menit yang berkualitas untuk melakukan hal favorit. Selain itu, kamu juga bisa membagi tugas atau meminta tolong suami maupun orang terdekat untuk bisa membantumu selama menjalani me time.

" Jadi, boleh meluangkan waktu untuk diri sendiri selama beberapa menit. Karena kita hidup bukan cuma untuk orang lain, tapi juga diri sendiri. Anak pun butuh orangtua yang happy dan well rested. It's okay untuk mengandalkan bantuan orang lain," katanya.

4. Memisahkan hal yang bisa dan tidak bisa diubah

Memisahkan hal yang bisa dan tidak bisa diubah merupakan salah satu cara untuk menentukan keputusan terbaik bagi diri sendiri serta menenangkan pikiran.

Buatlah dua tabel terpisah untuk kategori tersebut dan mulailah memilah hal-hal yang sedang dihadapi. Setelahnya, kamu akan merasa lebih tenang dan yakin untuk menghadapi segala keputusan.

Beri Komentar