5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Setelah Menginjak Usia 50

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 25 Juni 2020 15:12
5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Setelah Menginjak Usia 50
Hindari paparan virus Covid-19 dan penyakit lainnya dengan cara ini.

Dream - Jika usiamu atau orangtuamu melebihi 50 tahun, kamu perlu menjaga daya tahan tubuh lebih intensif. Dengan usia yang makin menua, tubuh para lanjut usia (Lansia) memang menjadi lebih rentan. Apalagi di tengah pandemik virus Covid-19 saat ini.

Setelah menginjak usia 40, daya tahan tubuh biasanya mulai menurun. Kamu menjadi lebih rentan terpapar berbagai penyakit.

Tak ada cara instan untuk menjaga daya tahan tubuh selain berupaya lebih ekstra menjaga imunitas tubuh. Berikut tips meningkatkan daya tahan tubuh yang dilansir dari Fustany.com.

 

 

1 dari 5 halaman

Menjaga kebersihan

Menyuci Tangan© Pexels.com

Seperti yang telah dianjurkan oleh WHO, kebersihan merupakan hal utama untuk menjaga daya tahan tubuh serta menghindari paparan virus Covid-19. 

Cucilah tangan dengan air hangat dan sabun selama 20 detik setelah menyentuh barang tertentu atau merasa kotor.

2 dari 5 halaman

Suntik vaksin

Berkonsultasi dengan Dokter© Shutterstock.com

Beberapa penyakit telah memiliki vaksin yang bisa membuat daya tahan tubuhmu lebih kuat untuk menghadapinya.

Lakukan suntik vaksin agar kamu terhindar dari penyakit berbahaya. Apalagi, jika penyakit tersebut bisa menyebabkan komplikasi. Jangan lupa berkonsultasi pada dokter sebelum melakukannya.

3 dari 5 halaman

Tidur cukup

Tidur Cukup© Shutterstock.com

Tidur menjadi lebih tidak teratur dan sulit seiring bertambahnya usia. Waktu tidur pun lebih pendek daripada sebelumnya. Namun, kamu harus tidur 8 jam ketika ingin meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika sulit tidur, kamu bisa mencoba mematikan lampu, memakai penutup mata, mengonsumsi teh herbal sebelum terlelap, tidur siang selama 45 menit, menghindari kafein serta tidak bermain gawai menjelang tidur.

4 dari 5 halaman

Mengonsumsi vitamin

Mengonsumsi Vitamin© Shutterstock.com

Di usia lebih dari 50, tubuh akan mengalami penurunan kadar vitamin seperti C, E, A maupun seng. Keempat hal ini sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh serta menutrisi kulit maupun rambut.

5 dari 5 halaman

Minum air cukup

Minum Air© Shutterstock.com

Minum air cukup sangat diperlukan di usia 50. Apalagi, di usia tersebut kamu mulai kehilangan rasa haus.

Jagalah hidrasi tubuh dengan minum air 1,7 liter per hari. Kamu bisa minum setiap sebelum dan setelah makan serta 2 cangkir saat bangun tidur.

(Sumber: Fustany.com)

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More