6 Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penyakit Kronis

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 11 Maret 2022 13:35
6 Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penyakit Kronis
Buah naga memiliki kandungan nutrisi banyak yang mendukung kesehatan tubuh.

Dream – Buah naga menjadi salah satu buah populer. Pohonnya mirip dengan tanaman kaktus dengan bentuk serta warna buah yang menarik. Buah naga memiliki dua warna, yakni merah dan putih dengan biji-biji kecil berwarna hitam berjumlah banyak yang bisa turut dikonsumsi.

Buah naga banyak ditemui di Indonesia, namun sejatinya tanaman ini berasal dari luar negeri. Untuk yang pertama kalinya buah naga tumbuh di Meksiko Selatan, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah.

Buah ini kemudian ditanam di Prancis dan sampailah di Asia Tenggara pada awal abad ke-19, hingga akhirnya dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia di beberapa daerah dan dijual di pasar hingga supermarket.

Bahkan buah naga ini juga bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan, salah satunya yang paling sederhana adalah jus buah naga. Manfaat jus buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh karena banyak kandungan nutrisi, sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi secara rutin.

Nah, buat kamu yang penasaran apa saja manfaat jus buah naga, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan

Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan© Freepik.com

Mencegah Penyakit Kronis

Ada banyak sekali buah-buahan yang bisa sahabat Dream konsumsi setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu buah yang bisa menjadi pilihanmu adalah buah naga. Tak hanya bisa dimakan secara langsung saja, tetapi bisa juga dibuat menjadi jus yang menyegarkan. Nah, manfaat jus buah naga ini bisa mencegahmu dari berbagai penyakit kronis lho, sahabat Dream.

Di mana paparan radikal bebas pada tubuhlah yang menjadi penyebab dari munculnya penyakit kronis tersebut. Untuk mengatasinya, maka kamu perlu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti buah naga.

Kandungan antioksidan akan menetralkan radikal bebas dan mencegah rusaknya sel serta peradangan. Dengan rutin mengonsumsi jus buah naga, maka beberapa penyakit kronis seperti kanker, jantung, artritis, dan diabetes pun bisa tertangani.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bakteri dan virus bisa datang kapan saja dan membawa penyakit di tubuh kita. Oleh karena itu, penting untuk memiliki kekebalan tubuh yang baik. Nah, salah satu manfaat jus buah naga adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena di dalam buah naga terkandung vitamin C dan karotenoid yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Vitamin C dan karotenoid ini berperan sebagai antioksidan yang ampuh menetralkan radikal bebas serta melindungi sel darah putih dari adanya bahaya. Dengan rutin mengonsumsi jus buah naga, maka imunitas sahabat Dream pun akan meningkat dan menghindarkan dari berbagai penyakit yang menyerang.

2 dari 3 halaman

Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan

Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan© Freepik.com

Meningkatkan Kesehatan Usus

Manfaat jus buah naga selanjutnya adalah untuk meningkatkan kesehatan usus. Usus sendiri adalah bagian dari organ pencernaan yang harus selalu dijaga kesehatannya. Di dalam buah naga terkandung prebiotin yang bisa meningkatkan keseimbangan bakteri sehat di usus.

Buah naga yang dikonsumsi akan mendorong pertumbuhan dua keluarga bakteri sehat, yakni bakteri asam laktat dan bifidobacterial. Dengan mengonsumsi prebiotic secara teratur, maka bisa mengurangi risiko infeksi di saluran pencernaan dan juga diare. Bahkan ada juga penelitian yang menemukan bahwa prebiotic bisa meredakan gejala radang usus dan kanker usus besar. Jadi, mulai mengonsumsi buah naga mulai dari sekarang yuk..

Menjadi Sumber Magnesium yang Baik

Jus buah naga adalah sumber magnesium yang baik untuk tubuh. Dibandingkan dengan buah lainnya, buah naga lebih banyak memiliki kandungan magnesium. Di mana sebanyak 18 persen dari RDI di dalam setiap satu cangkirnya. Sedangkan untuk tubuh rata-rata mengandung 24 gram magnesium atau sekitar satu ons.

Dalam suatu penelitian membuktikan bahwa mendapatkan asupan magnesium yang tinggi bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, melalui diet yang cukup dalam magnesium bisa membantu untuk menyehatkan tulang.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan

Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan© Freepik.com

Meningkatkan Kadar Zat Besi

Manfaat jus buah naga berikutnya adalah meningkatkan kadar zat besi. Di mana buah naga sendiri adalah buah yang mengandung zat besi yang berperan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Bahkan zat besi juga akan memecah makanan menjadi energi.

Nah, dalam satu porsi jus buah naga mengandung delapan persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Selain itu, buah naga juga mengandung vitamin C yang memiliki peran untuk menyerap zat besi ke dalam tubuh.

Tinggi Kandungan Serat

Pola makan yang sehat haruslah melengkapi semua kandungan gizi di dalamnya, tak terkecuali serat. Serat ini bisa sahabat Dream dapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Buah naga bisa menjadi buah pilihanmu yang sekaligus mengandung serat tinggi. Apalagi dari otoritas kesehatan telah menganjurkan agar mengonsumsi 25 gram serat setiap harinya untuk perempuan dan 38 gram untuk laki-laki.

Nah, dalam 7 gram buah naga terkandung sumber makanan utuh yang sangat baik. Keberadaan serat tidak hanya melancarkan pencernaan, tetapi juga bisa melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung, mengelola diabetes tipe dua, dan menjaga berat badanmu. Jadi, cocok juga untuk sahabat Dream yang ingin diet.

Beri Komentar