Bahaya Hobi Menjinjing Tas

Reporter : Kusmiyati
Senin, 26 Januari 2015 11:50
Bahaya Hobi Menjinjing Tas
Tetapi tanpa disadari menjinjing tas di lengan membawa dampak buruk bagi kesehatan persendian.

Dream - Tas menjadi item fesyen yang tak pernah luput dari perhatian para wanita. Tas jinjing sepertinya menjadi yang paling banyak dipilih untuk menunjang penampilan.

Tak jarang mereka mengisi tas dengan aneka ragam barang sehingga membuat bobot berlebihan. Hal ini yang menjadi faktor penyebab gangguan kesehatan. Dan tanpa disadari menjinjing tas di lengan membawa dampak buruk bagi kesehatan persendian.

Menurut Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Rumah Sakit Pondok Indah, Laura Djuriantina, kebiasan menjinjing tas sebaiknya dihindari.

" Jangan terlalu sering menjinjing tas di lengan, karena bisa berisiko penyakit tendinitis. Apalagi kalau bebannya berlebihan," kata Laura saat berbincang dengan Dream.co.id, Senin 26 Januari 2015.

Tendinitis sendiri adalah peradangan atau iritasi pada otot tendon. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit di bagian luar sendi.

Laura menyarankan untuk membagi bobot tas menjadi dua. Hal ini dilakukan juga sebagai penyeimbang antara tangan kanan dan kiri.

" Kalau memang suka membawa banyak barang sebaiknya dibagi dua. Tangan kanan dan kiri haruslah seimbang, jangan membebani hanya satu tangan atau lengan," tuturnya.

Pembagian bobot ini sebagai cara untuk menghindari adanya peradangan pada tendon atau struktur dalam tubuh yang lentur tapi kuat penghubung otot ke tulang. (Ism)

Beri Komentar