Office Boy Mogok, Para Hakim Nyambi Tukang Bersih Pengadilan

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 30 Juli 2018 16:00
Office Boy Mogok, Para Hakim Nyambi Tukang Bersih Pengadilan
Gedung pengadilan tinggi Kuala Lumpur kotor lantaran para petugas kebersihan mogok kerja.

Dream - Tugas hakim, tentu kita pahami, memeriksa dan memutuskan perkara. Mereka seharusnya tidak perlu repot dengan urusan sepele seperti menyapu lantai atau membersihkan toilet.

Tetapi, kegiatan ringan itu malah jadi agenda bersama para hakim di Pengadilan Kuala Lumpur, Malaysia.

Akhir pekan lalu, sebanyak 200 orang yang terdiri dari hakim pengadilan tinggi, hakim pengadilan banding, hakim tingkat pertama, panitera dan staf serta seorang pengacara melepas toga mereka dan turun membersihkan kantor mereka.

Kegiatan itu terpaksa mereka lakukan karena para petugas kebersihan pengadilan mogok kerja. Mereka sedang bersengketa dengan pihak kontraktor terkait upah.

Dikutip dari Straits Times, mulai dari jam 10 pagi waktu setempat pada Minggu, 29 Juli 2018, hakim menyapu dan mengepel seluruh koridor di gedung delapan lantai itu. Mereka juga mencuci seluruh toilet.

Kepala Pengadilan, Hakim Richard Malanjum, dan Ketua Hakim Malaysia, Zaharah Ibrahim memimpin agenda gotong royong tersebut. Hakim Malanjum tampak sangat bersemangat.

Malanjum mengatakan tidak meminta para hakim untuk turut serta membersihkan gedung. Menurut dia, para hakim itu berinisiatif sendiri untuk bergabung.

Asisten Administrasi Pengadilan, Faziah Ahmad, mengaku melibatkan diri karena merasa pengadilan tidak boleh dibiarkan dalam keadaan kotor.

" Anda tentu tidak ingin membiarkannya seperti ini. Ada juga yang berinisiatif membersihkan toilet sendiri sebelum gotong royong ini," kata Faziah.

 

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Summer Style 2019