CONNECT WITH US!

Imam Tak Berqunut Subuh tapi Makmun Membacanya, Sahkah?

Reporter : Ahmad Baiquni | Kamis, 12 Oktober 2017 20:02
Membaca Qunut Subuh (nu.or.id)
Jemaah subuh antara muslim berbeda keyakinan tentang doa qunut sering ditemukan di masyarakat.

Dream - Doa qunut merupakan salah satu amalan yang kerap dibaca sebagian umat Islam, terutama di Indonesia. Doa ini dilantunkan setelah rukuk pada rakaat kedua sholat subuh.

Tetapi, ada juga sebagian Muslim yang meyakini doa qunut tidak perlu dibaca. Sehingga setelah rukuk para rakaat kedua, mereka berdiri sejenak lalu melanjutkan sholat dengan gerakan sujud.

Banyak kita temui umat Islam yang berbeda keyakinan soal doa qunut saat menjalankan sholat subuh berjemaah. Ada kalanya, imam tidak membaca qunut, tetapi makmum membacanya.

Sebagian imam biasanya membuat jeda berdiri agak panjang setelah rukuk untuk memberi kesempatan bagi makmum untuk membaca doa qunut. Si makmum kemudian membaca doa qunut.

Terkait hal itu, apakah sholat si makmum sah?

Dikutip dari rubrik Bahtsul Masail Nadlatul Ulama, Abul Qasim Ar Rafi'i dalam kitabnya Al 'Aziz Syarhul Wajiz membahas persoalan ini.

" Ketika kita membolehkan mengikuti salah satu dari keduanya, maka seandainya penganut mazhab Syafi'i bermakmum di belakang penganut mazhab Hanafi dan ia (penganut madzhab Hanafi) setelah ruku' berdiam sejenak dan memungkinkan si makmum untuk membaca doa qunut, maka bacalah. Jika tidak (berhenti sejenak), maka ikutilah imam."

Selengkapnya...

9 Liquid Lipstick Lokal Terbaru