Sukarno Jadi Nama Pohon Zaitun di Masjid Yordania

Reporter : Eko Huda S
Selasa, 26 Januari 2016 19:02
Sukarno Jadi Nama Pohon Zaitun di Masjid Yordania
Selain nama Sukarno, di Peace Garden saat ini sudah terdapat pohon zaitun atas nama Mahatma Gandhi dan Nelson Mandela.

Dream - Nama mantan Presiden Sukarno diabadikan untuk pohon perdamaian yang ditanam di halaman Masjid Raja Hussein bin Talal, yang terletak di dalam kompleks King Hussein Park, Amman, Yordania. Pohon yang diberi nama Sukarno itu merupakan jenis zaitun Usmaniyah yang berumur 85 tahun.

Dikutip Dream dari laman Kementerian Luar Negeri, Selasa 26 Januari 2016, pohon itu diberikan oleh Walikota Amman, Akel Biltaji, pada Jumat 15 Januari yang lalu. Penanaman pohon ini sekaligus menandai peresmian Taman Indonesia (Indonesian Garden) yang terletak di King Hussein Park.

Presiden Sukarno dinilai berperan besar dalam menciptakan perdamaian dunia, khususnya dalam menggelar Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955, yang juga diikuti oleh Yordania. Sukarno juga dinilai berperan penting memajukan kerja sama dan persahabatan demi kepentingan bersama.

Selain nama Sukarno, di Peace Garden saat ini sudah terdapat pohon zaitun atas nama Mahatma Gandhi dan Nelson Mandela, yang juga dikukuhkan oleh Pemerintah Yordania sebagai pembawa perdamaian dunia.

Penamaan pohon Sukarno ini juga dilakukan bertepatan dengan Arbor Day atau Hari Pohon di Yordania. KBRI Amman mendonasikan ratusan pohon kepada Greater Amman Municipality (GAM) atau Pemerintah Kota Amman untuk ditanam di taman kota. 

Beri Komentar