Kata Ini Sangat Ringan Diucapkan, Tetapi Berbahaya

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 25 Oktober 2017 18:01
Kata Ini Sangat Ringan Diucapkan, Tetapi Berbahaya
Apalagi jika sampai terucap kepada orangtua.

Dream - Lidah bisa menjadi sumber masalah bagi seseorang jika tidak diatur. Konflik saja bisa muncul hanya karena perkataan sepele.

Seseorang hendaknya menjaga betul ucapannya. Tidak hanya kepada orang lain, namun juga pada keluarga sendiri, terutama orangtua.

Dalam kehidupan sehari-hari, kata seperti 'uh', 'huh', atau apapun sering terucap tanpa kita sadari. Bahkan di depan orangtua sendiri.

Padahal, kata semacam ini mengandung potensi bahaya sangat besar. Seseorang bisa terkena murka Allah SWT jika sampai mengucapkan kata ini kepada orangtua.

Kata-kata di atas sebenarnya merupakan perlambangan dari perasaan mengeluh. Dalam Alquran, kata-kata di atas disebut dengan istilah 'uff'.

Kata 'uff' ini ada dalam beberapa ayat dalam Alquran. Di antaranya seperti pada Surat Al Isra ayat 23 tentang anjuran berbuat baik kepada orangtua:

Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ uff” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

Juga pada Surat Al Ahqaf ayat 17 untuk membandingkan anak sholeh dengan anak durhaka dan ayat-ayat lain.

Dan orang yang berkata kepada dua orang ibu bapaknya: “ Uff bagi kamu keduanya, apakah kamu keduanya memperingatkan kepadaku bahwa aku akan dibangkitkan, padahal sungguh telah berlalu beberapa umat sebelumku? lalu kedua ibu bapaknya itu memohon pertolongan kepada Allah seraya mengatakan: " Celaka kamu, berimanlah! Sesungguhnya janji Allah adalah benar." Lalu dia berkata: " Ini tidak lain hanyalah dongengan orang-orang dahulu belaka."

Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya memaknai 'uff' sebagai perkataan buruk yang tingkatannya paling ringan. Dia pun menegaskan jangan sampai kata ini keluar dari mulut seorang anak kepada orantuanya.

Jangan berkata buruk kepada kedua orangtua, sampaipun kata uff yang merupakan kata buruk yang paling rendah tingkatannya.

Para ulama pun menyatakan kata uff menyinggung perasaan orangtua dan menimbulkan murka Allah SWT. Apalagi jika sampai membentak orangtua.

Selengkapnya...

(ism) 

Beri Komentar