Selamatkan Diri dari Fitnah Dunia dengan 4 Amalan Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 22 Februari 2018 08:00
Selamatkan Diri dari Fitnah Dunia dengan 4 Amalan Ini
Fitnah dunia mengandung bahaya begitu besar bagi kehidupan manusia.

Dream - Dunia dan ingar-bingarnya memang terasa lezat. Banyak orang terlena dengan kenikmatan dunia.

Sayangnya, tidak sedikit mereka yang ternyata terjerumus dalam fitnah dunia. Saking menikmatinya, mereka abai pada larangan-larangan agama.

Fitnah dunia mengandung bahaya yang luar biasa. Jika tidak berusaha menyelamatkan diri, maka kita bisa hanyut dalam kenistaan.

Lantas bagaimana cara menyelamatkan diri dari fitnah dunia?

Muhammad Sholeh bin Umar As Samarani dalam kitabnya Minhajul Atqiya' fi Syarhi Ma'rifatil Adzkiya' ila Thariqatil Auliya, menjelaskan ada empat amalan yang bisa dijalankan manusia untuk berlindung dari kejahatan fitnah dunia.

Amalan pertama, memaafkan kebodohan orang lain pada kita. Ini untuk memahamkan kita bahwa kebodohan bisa menyusahkan orang lain.

Ke dua, berusaha untuk tidak menjadi bodoh atas hak-hak orang lain. Hidup kita bisa jadi tidak nyaman, bahkan kebodohan ini bisa memicu penghinaan terhadap yang lain.

Ke tiga, istiqomah dalam menjalani hidup dan tidak pernah mengharapkan pemberian orang lain. Karena bergantung pada orang lain hanya membuat kita tidak produktif.

Keempat, berusaha menjadi dermawan sebisa mungkin. Kedermawanan bisa memunculkan jati diri manusia karena ia menghormati dirinya sendiri.

Selengkapnya baca di sini...

Beri Komentar